50 Anggota DPRD Kuningan Dilantik

Kategori: 

Pelantikan 50 anggota DPRD Kuningan periode 2019-2024 digelar dalam sidang paripurna Istimewa DPRD Kuningan. Para Anggota DPRD terpilih ini diambil sumpahnya dalam sidang paripurna ini. Senin (9/9).

Disaksikan Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, Wakil Bupati H. M. Ridho Suganda, Sekda Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perwakilan DPRD Provinsi Jawa Barat, Kepala SKPD, Perwakilan dari masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Kuningan, H. Acep Purnama mengatakan, pengucapan sumpah ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bahwa anggota DPRD kabupaten/kota sebelum memangku jabatan diwajibkan mengucapkan sumpah secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri dalam Paripurna DPRD kabupaten/kota.

“Alhamdulillah ketentuan tersebut baru saja dilaksanakan, oleh karena itu saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengucapkan selamat atas dilantiknya bapak Ibu sekalian Anggota DPRD Kabupaten Kuningan masa jabatan 2019-2024,” katanya.

Gubernur menyampaikan, selamat mengemban amanah secara jujur adil serta penuh integritas dan semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi kita semua saat melaksanakan tugas, dan mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu anggota DPRD Kabupaten Kuningan masa jabatan sebelumnya yang telah mendedikasikan waktu tenaga dan pikiran untuk pembangunan Kabupaten Kuningan.

Menurut Gubernur, sejak saat ini bapak Ibu mengemban tanggung jawab yang besar di mana suatu saat nanti kita semua akan dimintai pertanggungjawaban atas semua hal yang diamanahkan kepada kita. Banyak pekerjaan rumah bangsa ini termasuk di dalamnya Jawa Barat yang harus segera diselesaikan melalui kerja dan pengambilan keputusan dengan mengedepankan kepentingan rakyat serta sejalan dengan peraturan perundang-undangan dan azas azas keadilan.

“Dalam kaitan itu bapak ibu anggota dewan akan menjadi harapan bagi rakyat dalam memperjuangkan peningkatan kesejahteraan hidupnya dalam menegakkan supremasi hukum serta dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani,” harapnya.

Ada yang perlu mendapatkan perhatian dalam menjalankan tugasnya, Ia mengajak anggota dewan harus melindungi dan memperjuangkan rakyat melalui fungsi legislasi DPRD dengan memaksimalkan waktu untuk berdialog dengan baik melalui jaring aspirasi.

“Saat ini proses komunikasi tersebut bisa dilakukan tidak hanya melalui media konvensional tetapi juga melalui pemanfaatan teknologi informasi seperti media sosial maupun media massa,” katanya.

Ia mengajak untuk maksimalkan dalam melaksanakan fungsi budgeting atau penyusunan anggaran untuk sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat. Sudah bukan massanya lagi proses penyusunan dilaksanakan secara tertutup tidak partisipatif dan pragmatik apalagi berperilaku kurang baik. “Untuk hal ini saya percaya bapak Ibu adalah orang-orang yang terpilih dan punya integritas yang tinggi sesuai dengan sumpah jabatan yang telah diucapkan,” ungkapnya.

Bupati juga menambahkan, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah turut berpartisipasi untuk mensukseskan jalannya demokrasi, begitu juga buat keluarga dan tim sukses yang telah memberikan dukungan, peserta Pemilu Partai Politik, dan kepada penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu.

“Tak lepas juga pihak pengamanan baik TNI, maupun Polri dan lainnya, sehingga penyelenggaraan demokrasai di Kuningan dapat berjalan dengan baik, bahkan tingkat partipasi pemilih meningkat. Semoga kita dapat membangun Kuningan lebih maju lagi,” ungkapnya.