Kades dan Perangkat Desa Pajambon Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Berbasis open SID

Kramatmulya,- Salah satu implementasi good goverment adalah meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Maka dari itu, pelatihan tata kelola pemerintahan bagi perangkat desa merupakan bagian penting untuk meningkatkan kompetensi, agar pelayanan kepada masyarakat bisa dimaksimalkan sesuai dengan perkembangan yang berbasis open Sistem Informasi Desa (SID).

Seiring dengan hal itu,Kepala Desa dan seluruh perangkat, Kasi, Kaur dan bendahara Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, mengikuti Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan. Kegiatan tersebut, meliputi pelatihan komputer dan pembuatan Website, bertempat di gedung serbaguna desa setempat, Senin (21/1/2019).

Kepala Desa Pajambon Dra.Hj.Nani Ariningsih dalam sambutannya antara lain menjelaskan, perangkat desa pada masa pemerintahan sekarang harus bisa menguasai teknologi informasi , karena dengan semakin berkembangnya zaman semakin berkembangnya juga dalam tata cara pengelolaan pemerintahan. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan perangkat dalam hal mengoftimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelatihan bertujuan pula, agar masyarakat bisa lebih cepat untuk mendapat informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa. Selain itu, masyarakat bisa lebih mudah untuk mengurus surat-surat administrasi yang dibutuhkan. Karena dengan adanya website desa berbasis open SID bisa lebih cepat, akuntabel dan efektif,” tuturnya.

Sementara itu, Nara Sumber Heri Juheri, S.Kom dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan memaparkan beberapa peran dan manfaat SID, menurutnya, dengan memakai open SID kantor desa dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibanding cara manual. Menurut Heri, dengan open SID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa diketik langsung.

Lebih kanjut Heri menjelaskan, peran dan dan manfaat SID, pemerintah desa akan dapat mengelola informasi kegiatan dalam bentuk yang mudah disajikan, lebih efisien,  transparan, akuntabel dan lebih baik. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan akses lebih baik pada informasi desa. Desa juga bisa membuat surat keterangan hanya dengan memasukan NIK dan Nama warga, karena sudah berintegrasi dengan data kependudukan. (Info Kuningan)