Indonesian English

Kominfo Rebut Juara Pertama Lomba Klinik Pratama Sehat Antarkementerian

Tanggerang,- Klinik Pratama Kementerian Kominfo merebut juara pertama Lomba Klinik Pratama Sehat yang digelar Kementerian Kesehatan. Usai mendengar kabar penghargaan sebagai juara pertama, setelah shalat Jumat di Masjid At Taqwa, Menteri Kominfo Rudiantara menyempatkan bertandang ke Klinik Pratama, Jumat (9/11/2018).

Didampingi Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar, Menteri Kominfo memberikan ucapan selamat secara langsung atas pencapaian sebagai klinik terbaik untuk tingkat kementerian dan lembaga. Keberhasilan Klinik Pratama Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan tidak lepas dari usaha promosi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) melalui Program Kominfo Sehat, ASN Sehat, pengukuran kebugaran jasmani, kantin sehat dan bakti sosial.

Khusus untuk ASN Sehat, setiap hari kerja, dipandu Klinik Pratama, seluruh ASN di Kementerian Kominfo melakukan senam peregangan. Setiap hari pada pukul 10.00 dan 14.00 WIB yang bisa diikuti oleh seluruh sivitas Kominfo dari ruang kerjanya masing-masing.

Selain Kementerian Kominfo, penghargaan untuk Lomba Klinik Pratama Sehat juga diterima oleh Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Ketenagakerjaan.

Sebelumnya Penghargaan itu diserahkan oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Bambang Wibowo kepada perwakilan Kementerian Kominfo, Henok Muharto, Kabag Rumah Tangga dan Perlengakapan Biro Umum,  dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD) Tangerang, Jumat (9/11/2018).

Dirjen Bambang Wibowo menyatakan peringatan HKN ke-54 merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. "Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Hal ini juga bisa dimulai dari instansi pemerintah pusat dan daerah," jelasnya.

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan di tingkat pusat selain kegiatan upacara, pemberian penghargaan, tabur bunga, perlombaan, akan dilaksanakan pengabdian masyarakat, disertasi expo, seminar ilmiah, serta seminar forum bisnis dan HAM, Sedangkan di daerah akan dilaksanakan sesuai kondisi daerah masingmasing.

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengharapkan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional bisa dimanfaatkan untuk menyosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan. "Sekaligus  memperkenalkan program-program kesehatan guna mendapatkan dukungan  seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah," ungkapnya dalam sambutan di panduan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (sumber : www.kominfo.go.id/ disunting : mc kuningan)