Lulusan SMAN 1 Kuningan 30 Persen Masuk PTN

Kuningan, Info Kuningan,- SMAN 1 Kuningan merupakan sekolah tertua di Kabupaten Kuningan, sehigga tingkat kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya sangat tinggi. Demikian diungkapkan Plt. Kepala SMA N 1 Kuningan Drs.H. Beni Suprianto, M.MPd dalam wawancara pada Rabu (07/11/2019).

Tahun ini ada sebanyak 1.114 siwa yang bersekolah di SMAN 1 Kuningan, dan ini sudah melabihi kapasitas serta setip tahun PPDB nya terus meningkat, sehingga pihaknya mengalami kualahan untuk mengakomodir atau menampung para siswa pendaftar.

Banyak siswa yang tidak dapat tartampung di SMAN 1 Kuningan kerena kapasitasnya yang tidak memadai terutama ahan terbatas, padahal peminat masih mengantri.

“Untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, kepada para orang tua siswa maupun para siwanya itu sendiri, barangkali ada perlakuan kami yang kurang berkanan berkaitan dengan penerimaan siswa baru,” katanya.

Dangan lahan yang tidak terlalu luas SMAN 1 Kuningan tetap eksis dengan lias yang ada, sehingga pengembangannya harus ke atas. Kini ada tiga lantai yang tersedia, dengan formasi kelas 10 ada 10 rombel, kelas 11 mempunyai 12 rombel dan kelas 12 memiliki 10 rombel, sehingga seluruhnya ada 32 rombel, yang terdiri dari kelas IPA dan IPS.

Lebih jauh Beni mengatakan, bahwa SMAN 1 Kuningan sampai saat ini memiliki 62 tenaga didik dan staf tata usaha yang mumpuni lulusan S 1 dan tidak kurang juga telah lulus S 2, yang siap melahirkan para siswa lulusan yang berkwalitas.

SMAN 1 Kuningan telah menorehkan prestasi akademik dan non akademik, sampai saat ini terutama lulusan yang telah masuk perguruan tiggi negeri lebih dari tiga puluh persen dan lebih dari sembilan puluh persen para siswa lulusan ingin melanjutkan ke PTN.

“Ini menjadi sebuah barometer bagi SMA, sampai seberapa besar prosentasinya yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan seberapa banyak yang bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri,” ujarnya. (info kuningan)