Pemdes Sukamulya Rabat Beton Jalan Poros Puskesmas

Garawangi,- Dalam rangka mempermudah dan mempercepat arus lalu lintas , sekaligus untuk membuka akses jalan baru menuju Puskesmas Garawangi, baru-baru ini pemdes Sukamulya, Kecamatan Garawangi, selesai melaksanakan rabat beton jalan poros Puskesmas dari dusun Sirah Dayeuh. Kegiatan tersebut melibatkan 3 desa yakni Sukamulya, Kramatwangi dan Garawangi.

Ke 3 desa yang tanah bengkoknya dipergunakan untuk pembangunan jalan, memiliki keinginan yang sama untuk memiliki jalan alternatif dari dan menuju Puskesmas dan jalan Kabupaten. Anggaran yang dipergunakan pada tahap pertama untuk pembangunan TPT dan gorong-gorong dialokasikan dari APBDes Sukamulya tahun 2018 sebesar Rp. 116 juta.

Sedangkan untuk rabat beton Jalan yang berukuran 300 X 3 meter tersebut, menghabiskan anggaran sebesar Rp. 192 juta berasal dari Dana Desa tahun 2019. Kini kondisi jalan sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 maupun 4 serta pejalan kaki dengan aman dan nyaman. Selain itu dapat pula dipergunakan untuk menggangkut hasil pertanian dari sawah yang ada disekitarnya.

Pjs Kepala Desa Sukamulya, Hj. Ipah Saripah, SE melalui Sekdes Hendra Hendriana, SE kepada Info Kuningan menjelaskan, pembangunan jalan poros Puskesmas merupakan program yang menyentuh kepentingan masyarakat banyak. Karena dengan dibangunnya jalan tersebut, akan membantu masyarakat terutama dari dan menuju Puskesmas, selain akan berdampak positif bagi sektor-sektor lainnya.

Masih menurutnya, pembangunan fisik maupun non fisik yang dilaksanakan merupakan program prioritas. Jalan sebagai penghubung dari satu tempat ke tempat lainnya sangat dibutuhkan keberadaannya, selain sebagai sarana transportasi yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa maupun sekitarnya.

"Dengan dibangunnya jalan tersebut, petani yang memiliki lahan pesawahan juga ikut terbantu. Mereka lebih mudah dan cepat untuk mengangkut hasil pertaniannya, tanpa harus memikulnya. Karena jalan dengan ukuran seperti itu, bisa dilalui kendaraan dengan leluasa. Jalan poros Puskesmas merupakan jalan yang memiliki multi fungsi," jelasnya.

Dengan dibangunnya jalan poros tersebut, Hj.Ipah berharap, memiliki manfaat yang besar bagi kepentingan masyarakat, baik masyarakat desa Sukamulya, Kramatwangi, Garawangi dan sekitarnya. Ucapan terimakasih juga tidak luput disampaikan Hj.Ipah untuk kedua desa yang telah mendukung penuh, sehingga jalan poros Puskesmas bisa terealisasi dengan baik. (info kuningan)