Pencanangan Gerakan PMT Untuk Cegah Stunting

Cigugur, Info Kuningan,- Pencegahan dan penanggulangan stunting harus dilakukan sajak dimi, kaitan dengan hal itu Bunda PAUD Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, lakukan Kegiatan Pencanangan Gerakan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Bagi Anak Usia Dini di Lokus Desa Stunting. Pembukaannya dilaksanakan di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kamis (07/11/2019).

Bunda PAUD melakukan pembagian paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada ratusan anak-anak PAUD. Acara dihadiri pula Kepala Bidang PAUD Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Elon Carlan beserta Kasie PAUD Dikmas, Bayu Rusman, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Hj. Ella Dian, Ketua HIMPAUDI Kabupaten Kuningan, Pengurus PKK Kabupaten Kuningan serta unsur Muspika Kecamatan.

Hj. Ika mengatakan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, sehingga anak seusia itu terlalu pendek. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada awal setelah bayi lahir, kondi stunting baru Nampak setelah bayi berusia 2 tahun.

“Tanda-tanda stunting, anak sering sakit terutama diare, campak, TBC dan penyakit infeksi lainnya,” katanya.

Keterbatasan air bersih dan sanitasi yang buruk dan ketersediaan pangan di tingkat rumah tangga yang rendah, adlah salah satu penyebabnya. Salahsatu upaya penanganan stunting dilaksanakan kegiatan Gerakan Minum Susu Gratis bagi anak usia 0-6 tahun di Satuan PAUD ( TK, RA, Kober, SPS, TPA), di 10 Desa Penanganan Stunting Tahun 2019.

Sementara lokasi kedua yang dikunjungi adalah Desa Ciasih Kecamatan Nusaherang. Kegiatan Pencanangan Gerakan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Bagi Anak Usia Dini tidak hanya dilaksanakan di Lokus Desa Stunting. PMT ini dilakukan serentak Se-Kabupaten Kuningan, di masing-masimh kecamatan. (info kuningan)