Indonesian English

Tahun 2018 Infrastruktur di Desa Sidamulya Serap Anggaran Diatas 1 Milyar

Jalaksana,- Pembangunan infrastruktur di desa Sidamulya, Kecamatan Jalaksana, dari waktu ke waktu terus menggeliat. Berbagai sarana pendukung aktifitas masyarakat untuk meningkatkan sektor kehidupan, dibangun dan diperbaiki. Embung, jalan usaha tani, jalan lingkungan, gang, TPT, saluran irigasi, drainase, balai dusun dan lain - lain.

Seperti baru-baru ini, dua buah kegiatan pembangunan selesai dilaksanakan berupa TPT Embung dan drainase yang berlokasi di blok Pereng dan dusun I. Masing-masing berukuran 40 X  3 meter dan 100 meter, menghabiskan anggaran sebesar Rp. 99.585.600 dan 88.061.800, berasal dari Dana Desa tahun 2018 ditambah swadaya masyarakat.

Pengerjaan dilakukan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat. Antusiasme dan peran serta dalam pembangunan fisik  sudah tidak diragukan lagi. Mereka  juga sangat merasakan langsung dari pembangunan yang dilaksanakan baik sebagai tenaga kerja maupun manfaat jangka panjang, yang sudah, sedang dan akan mereka nikmati.

"Kami sangat berterima kasih kepada seluruh elemen dan masyarakat, karena atas dukungan yang telah diberikan seluruh progran dapat berjalan dengan baik. Seluruh infrastruktur yang kami bangun semata-mata  hanya untuk kepentingan masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan mereka," ujar Kades Sidamulya, Sukendi melalui Kasi Ekbang, Maman Rukmana diruang kerjanya belum lama ini.

Selanjutnya Maman mengatakan, meskipun pembangunan belum tersentuh secara keseluruhan, namun pihaknya terus berupaya agar pembangunan yang dilakukan bisa merata dan berkesinambungan. “Mudah-mudahan apa yang telah kami perbuat selama ini, mampu memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Karena sarana dan prasarana lengkap memiliki peranan penting untuk kemajuan bersama,” ungkapnya.

Desa Sidamulya, dijelaskan Maman, untuk infrastruktur di beberapa titik pada tahun 2018, menyerap alokasi anggaran sebesar Rp. 1.124.444.800. Angka sebesar itu berasal dari bantuan Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan Infrastruktur Provinsi serta bantuan lainnya, baik dari pusat maupun daerah. “Kami sangat bangga dan bahagia dengan kucuran dana tersebut, sesuai dengan peruntukannya sudah kami realisasikan,” katanya.

Maman menambahkan, Kepala Desa dan seluruh perangkat serta elemen sangat solid dan harmonis sebagai pelaksana dan yang diberikan amanah, selain juga berusaha untuk transparan dalam pengelolaan kegiatan. Selain itu, tetap menjalin kerjasama dan koordinasi dengan pihak -pihak terkait. Sehingga semuanya berjalan sesuai aturan, sehingga hasilnya bisa dibuktikan dan tidak mengecewakan. (mc kuningan)