Bersama Karang Taruna dan Mahasiswa, Wabup Lakukan Gerakan Menanam Pohon

Kategori: 

HANTARA,- Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada hari ini (Sabtu, 28/11/2020), Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si bersama Karang Taruna Kencana Wangi Desa Bunigeulis, Kecamatan Hantara dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Universitas Kuningan (UNIKU) dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Kuningan, melakukan pananaman pohon yang berlokasi di wilayah Hutan Wulukut desa setempat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kuningan, Dr. Deni Hamdani, M.Si, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Hantara, Kades Bunigeulis beserta jajaran, Lembaga Desa, serta sejumlah masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati menyampaikan, bahwa peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (BMN) merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap bumi dan alam yang merupakan tempat dimana manusia hidup secara umum. Dengan menanam pohon, sambungnya, merupakan salah satu upaya dalam melestarikan alam.

“Harus kita ingat bahwa urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil, karena menyangkut masa depan anak cucu dan cicit kita. Memang sebenarnya saat kita menanam pohon, kita itu sedang menenam do’a, menanam harapan, menanam kerja kita semuanya untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang,” ucapnya.

Dikatakan Wabup, dengan merawat alam maka alam juga akan merawat manusia. “Kita semua sudah melihat sendiri apa akibatnya bila kita tidak merawat alam. Main asal tebang pohon, akhirnya bencana seperti banjir dan longsor datang dan akan menyusahkan kita semua,” imbuhnya.

Lebih lanjut Wabup mengemukakan, dalam upaya mempertahankan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi, saat ini Pemkab Kuningan kembali menggaungkan Program Pengantin Peduli Lingkungan (Pepeling) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2006, untuk lebih mendorong peran serta masyarakat dalam menjaga dan memelihara lingkungan dengan tujuan memulihkan serta meningkatkan produktivitas lahan agar berfungsi secara optimal.

“Besar harapan saya dengan kembali digaungkannya kembali Program Pepeling yang sudah berjalan sejak tahun 2006, Kabupaten Kuningan kembali hijau dan ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah). Karena Kabupaten Kuningan ini, merupakan penyangga bagi Kabupaten/Kota disekitarnya,” tuturnya.

Wabup juga mengapresiasi peran Karang Taruna Kencana Wangi dan Mahasiswa yang telah memprakarsai kegiatan menanam pohon sebagai bentuk kepedulian pemuda terhadap lingkungan.

Sementara itu, disela-sela kegiatan, Ketua Panitia, Nando Natanahel memaparkan, kegiatan menanam pohon diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari mahaswa UNIKU, STIKES, dan Karang Taruna, serta dibantu puluhan masyarakat sekitar. Adapun jumlah pohon yang ditanam yakni 1000 bibit.

“Selain kegiatan menanam pohon dalam rangka memepringati HMPI ini, kami juga telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain, peningkatan literasi bagi siswa, cek kesehatan gratis bagi masyarakat, dan pembagian sembako. Semoga kegiatan yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Bunigeulis,” singkatnya. (Bid/IKP/Diskominfo)