Buka Bersama Dan Silaturahmi Untuk Mempererat Persatuan Dan Kesatuan

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, mengajak khusususnya kepada masyarakat umat Islam di Kabupaten Kuningan untuk menjadikan momen bulan suci Ramadhan 1440 H sebagai upaya peningkatan kapasitas diri mencapai derajat takwa. “Melalui ibadah puasa, mari kita tingkatkan kualitas iman dengan memperbanyak ibadah, baik bersifat vertikal kepada Allah maupun bersifat horisontal kepada sesama manusia. Mari kita ikat tali silaturahmi yang terputus, perkuat ukhuwah Islamiyah antar sesama,” kata Bupati Acep Purnama, pada acara buka puasa bersama dengan FKPD, alim ulama dan partai politik, ormas se-Kabupaten Kuningan, di Pendopo Kabupaten Kuningan, Jumat (17/5/2019).

Bupati Acep berharap momen bulan suci Ramadhan suci Ramadhan 1440 H bisa dijadikan sebagai refleksi untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Untuk itu ia mengajak khususnya kepada seluruh tokoh partai politik, alim ulama, ormas serta komponen masyarakat lainnya untuk mewujudkan soliditas dan sinergitas seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kuningan dalam rangka menjaga stabilitas keamanan nasional.

Apalagi menjelang tanggal 22 Mei yang merupakan Rapat Pleno Rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019, Pilpres maupun Pileg, saya berharap semuanya berjalan lancar aman dan damai. “Beberapa waktu lalu kita telah melaksanakan pesta demokrasi pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilu legislatif dan pemilihan anggota DPD, mungkin telah berbeda pandangan, beda pilihan. Melalui silaturahmi pada bulan Ramadhan ini mari kita pererat tali persatuan dan kesatuan bangsa,” paparnya.

Bersama dengan LSM dan Insan Pers.

Pemerintah Kabupaten Kuningan menggelar buka puasa bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Insan Pers Se-Kabupaten Kuningan bertempat di Pendopo, Sabtu (18/5/19). Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan DR. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala Badan Kesbangpol Kuningan, Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan DR. Wahyu Hidayah, M.Si dan lainnya.

Bupati Kuningan H. Acep Purnam menuturkan, bahwa geliat perkembangan pembangunan di Kabupaten Kuningan tidak dapat dipisahkan dari kontribusi dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan insan pers yang ada di Kabupaten Kuningan. “LSM memiliki peranan dan kedudukan yang penting dalam masyarakat, yang berperan sebagai wadah organisasi yang menampung, memproses, mengelola dan melaksanakan semua aspirasi masyarakat dalam bidang pembangunan terutama pada bagian yang belum tersentuh oleh pemerintah,” katanya.

Ia juga menerangkan, bahwa media atau Pers memiliki peran penting dalam era demokrasi sekarang ini, pers salah satu wadah ekspresi rakyat, tempat komunikasi, dan pengawasan rakyat dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

“Untuk itu dalam momen berbuka puasa di bulan ramadhan hari ini, bersilaturahmi dan duduk bersama sebagai upaya menyatukan visi-misi guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Kuningan yang Maju, yaitu Ma’mur, Agamis dan Pinunjul berbasis desa tahun 2023,” harapnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kuningan, Bupati Kuningan memberikan apresiasi kepada seluruh LSM dan insan pers yang ada di Kabupaten Kuningan yang selama ini telah menyajikan berita berimbang sehingga sampai saat ini kondisi di Kabupaten Kuningan tetap kondusif.

Kunci keberhasilan pembangunan di Kabupaten Kuningan menurutnya tak lepas adanya kolaborasi atau kebersamaan di antara seluruh elemen salah satunya Lembaga Swadaya Masyarakat dan juga media massa. “Kita harus tetap memperkuat kolaborasi antara Pemerintah Daerah, LSM dan Insan Pers. Keterlibatan aktif ini sangat penting, dari upaya peningkatan kesadaran, pengumpulan informasi, hingga perumusan berbagai program. Semua memiliki kontribusi terhadap kondusifitas di Kabupaten Kuningan. Mari kita wujudkan soliditas dan sinergitas seluruh elemen masyarakat Kuningan dalam rangka menjaga stabilitas keamanan nasional,” harapnya.

Buka Bersama Dengan Unsur Pemerintahan Kecamatan, Kelurahan dan Desa

Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan menggelar Silaturahmi Ramadhan 1440 H/ 2019 M dan Buka Bersama dengan Unsur Pemerintahan Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan. Minggu (19/5/2019).

Dalam sambutannya Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH menyampaikan bahwa bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang penuh dengan kebahagiaan dan keistimewaan yang menjadikan sesuatu hal yang luar biasa karena hikmah yang terkandung pada bulan suci ini.

“Di bulan yang penuh berkah dan maghfirah ini saya mengajak pada semuanya untuk meningkatkan kepedulian kita dan meningkatkan kepekaan sosial terhadap sesama, selain itu mari maknai bulan suci Ramadhan ini sebagai momentum menempa diri kita kepada Allah SWT,” ujar Bupati.

Dalam momen berbuka puasa bersama di bulan Ramadhan ini Bupati mengucapkan terima kasih pada seluruh unsur pemerintahan baik kecamatan, kelurahan dan desa yang telah hadir dan juga untuk meningkatkan silaturahmi dan koordinasi dengan seluruh unsur pemerintahan guna untuk mewujudkan Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinunjul Berbasis Desa Tahun 2023).

Selain itu ia menerangkan bahwa pada seluruh unsur pemerintahan untuk melakukan berbagai inovasi dan kreativitas yang sesuai dengan situasi dan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan untuk menjaga suasana yang lebih baik. Karenanya masa depan ada di tangan kita untuk dapat menata dan mengelola pemerintahan baik dari tingkat atas sampai tingkat bawah yang senantiasa melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya.