Bupati Buka Secara Resmi MUSDA DEKOPINDA Kabupaten Kuningan

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH Memberikan Arahan sekaligus Membuka Secara Resmi Acara MUSDA DEKOPINDA Kabupaten Kuningan, yang dilaksanakan di Aula Kantor Dekopinda Kabupaten Kuningan Jl. RE Martadinata Cijoho. Rabu (8/1/2019).

Ketua Dekopinda Kabupaten Kuningan H. Fachrudin menyampaikan bahwa MUSDA DEKOPINDA Kabupaten Kuningan ini menjadi salah satu kabupaten yang melaksanakan MUSDA yang pertama di tahun 2020 baik tingkat Provinsi Jawa Barat bahkan nasional. Menurutnya tema yang diangkat pada MUSDA ini ialah “meningkatkan peran gerakan koperasi untuk mencapai Kuningan unggul”. Dengan tujuan untuk mengevaluasi kerja selama 5 tahun terakhir, kemudian menyampaikan laporan pertanggunjawaban khususnya laporan tahun 2019, serta menyampaikan rencana kerja dan rencana anggaran di tahun 2020.

Sementara itu Ketua DEKOPINWIL Provinsi Jawa Barat Drs. H. Mustopa Zamaludin, M.Si, bahwa gerakan koperasi di Kabupaten Kuningan sudah berjalan dengan hasil yang baik dengan terus bahu membahu berkerjasama membangun gerakan koperasi di Jawa Barat. Ia juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa kepentingan yang harus dikembangkan DEKOPINDA dalam rangka mengembangkan usaha ekonomi berjamaah melalui koperasi diantaranya yaitu melalui pendekataan kebersamaan musyawarah mufakat, koperasi di Kuningan harus mampu eksis bersaing dengan pelaku usaha lainnya, pengurus koperasi adalah orang terpilih yang terbaik untuk memberikan kenyamanan anggota koperasinya, serta adanya dorongan dari berbagai pihak seperti pemerintah daerah dan anggota koperasi untuk membentuk visi misi 5 tahun kedepan.

Sementara itu Bupati yang membuka MUSDA DEKOPINDA tersebut menyampaikan bahwa koperasi sebagai upaya strategis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Kuningan. Lanjutnya ia menjabarkan bahwa dalam rangka meningkatkam koperasi dan UKM, Kementerian Koperasi memiliki program strategis dalam meningkatkan peran koperasi diantaranya, memperbesar akses pasar baik dalam maupun luar negeri, meningkatkan kualitas produk dan inovasi, agregrasi pembiayaan, pengembangan kapasitas manajemen, serta memberikan kemudahan dan kesempatan dalam mengembangkan usaha. Maka dari itu ia mengapresiasi DEKOPINDA yang telah berhasil membina koperasi di Kuningan untuk terus bermitra, karena apa yang dihasilkan oleh koperasi telah membawa dampak positif terhadap perkembangan koperasi di Kabupaten Kuningan.