Bupati Kuningan Buka Kegiatan Pelatihan Pertanian Budidaya Markisa, Karang Taruna Daya Muda Desa Cikupa

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH. MH., membuka acara Pelatihan Kepemudaan Dalam Rangka Program Kerja Karang Taruna Daya Muda Mandiri Desa Cikupa di bidang pertanian Budidaya Markisa bertempat di Vila Kampung Gunung, Jumat (27/11/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Darma, Kepala Desa Cikupa, Dewan Pembina Karang Taruna, Ketua Karang Taruna Daya Muda Mandiri, ibu-ibu PKK dan para peserta pelatihan.

Kepemudaan adalah isu yang tidak akan pernah selesai untuk diperbincangkan, terlepas dari segala permasalahan pemuda, pemuda senantiasa menjadi komponen masyarakat yang turut menentukan perubahan-perubahan yang terjadi. Maka dari itu isu kepemudaan menjadi agenda prioritas pembangunan.

Salah satu indikator berjalannya roda organisasi adalah adanya evaluasi dan regenerasi kepemimpinan. Evaluasi bertujuan untuk memperbaiki kinerja organisasi berdasarkan tuntutan jaman dan kebutuhan riil organisasi.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Nunu setianugraha, S.Pd, karang taruna Daya Muda Mandiri mengadakan kegiatan yang bertemakan pertanian dan teknologi. Menurutnya, di masa pandemi ini cocok untuk ketahanan pangan khususnya di kabupaten kuningan dan umumnya di indonesia.

“mudah-mudahan kedepannya pemuda desa cikupa mahir di bidang pertanian dan teknologi. Kami mengabil tema budidaya markisa, karena hari ini markisa sedang booming dan mudah untuk di produksi. Sesuai laporan kita akan membuat produk markisa. desainnya sedang dibuat dan nanti ada pelatihan desain produknya termasuk cara membuat produk dari markisa” ujarnya.

Pemerintahan desa cikupa sebagaimana perencanaan pembangunan didesa cikupa mengharapkan perkembangan-perkembangan pembangunan berkelanjutan tidak hanya sarana infrastruktur namun juga sumber daya manusianya semakin meningkat.

“saya harap sumber daya manusia desa cikupa terutama pemuda-pemudinya yang tergabung dengan karang taruna bisa lebih ditingkatkan lagi semangatnya terutama dalam mengabdikan diri, dalam membangun desa kita yang tertcinta tentunya paling utama adalah pemberdayaan pemduda-pemudinya.” Ujar Kepala Desa Cikupa Asep Surahman, S.Kom.

Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada panitia penyelenggara atas terselenggaranya kegiatan pelatihan Kepemudaan ini guna meningkatkan kualitas kepemudaan di Desa Cikupa khususnya dan di Kabupaten Kuningan umumnya.

Bupati berharap pelatihan kepemudaan yang diselenggarakan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri.

“melalui kegiatan pelatihan kepemudaan di Desa CIkupa ini, saya harap dapat terwujud pemuda-pemudi yang representative, akuntabel, akseptabel, memiliki aspirasi-aspirasi yang jelas, terarah, sistematis dan rasional serta mengeluarkan pokok-pokok pikiran yang dapat diterima oleh semua kalangan serta dapat membawa perubahan yang positif pada pembangunan di Kabupaten Kuningan” ujar Bupati Kuningan.

Selanjutnya, Bupati meminta agar seluruh peserta mampu memanfaatkan kegiatan ini dengan baik. Selain itu Ia berharap agar setelah melaksanakan pelatihan kepemudaan ini para peserta dapat menularkan pengetahuannya kepada warga masyarakat khususnya pemuda yang belum bisa mengikuti kegiatan ini.(Bid/Ikp/Diskominfo)