Bupati Kuningan hadiri Acara Rechecking Kampung KB dalam rangka Apresiasi Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat

Kategori: 

Bupati Kuningan hadiri Acara Rechecking Kampung KB dalam rangka Apresiasi Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 di Kampung KB Gema Bhakti, Desa Pasiragung Kecamatan Hantara, Selasa (01/12/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Rechecking Kampung KB dalam rangka Apresiasi Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Kepala DPMD Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuingan, Kepala DInas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan, Camat Hantara beserta jajaran, Kepala Desa Pasi Agung, Pengurus Kampung KB Gema Bhakti, dan para Kader Poktan (BKB, BKR, BKL, UPPKS, dan PIK-R).

Apresiasi Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat dilaksanakan Dalam rangka memberikan apresiasi terhadap Kampung KB (Keluarga Berkualitas) terbaik dalam hal pengelolaan Kampung KB. Kegiatan Rechecking Kampung KB dilaksanakan di 6 Kategori terbaik tingkat Kabupaten dan 5 Kategori terbaik tingkat Kota.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Tim Juri Rechecking Kampung KB dalam rangka Apresiasi Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat, Rechecking bertujuan untuk melihat secara langsung aktivitas di Kampung KB serta menggali informasi tambahan dari pengurus Kampung KB dan untuk melihat kesesuaian antara informasi yang tertuang dalam profil, hasil wawancara dan pelaksanaan lapangan.

Adapun tata cara penilaian recheking kali ini akan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Kelompok 1 terdiri dari OPD KB, Camat, Lurah, PKB/TPD, Lintas Sektor, dan Tokoh Masyarakat yang nanti akan di wawancara langsung oleh ketua tim Juri, Kelompok 2 terdiri dari Ketua dan Pengurus Kampung KB yang akan di wawancara langsung oleh Bapak Agung, Kelompok 3 terdiri dari Ketua/Pengurus BKB, BKL, BKR, UPPKS, PIK-R, RDKIK yang akan di wawancara oleh Ibu Kika, dan yang terakhir akan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan untuk melihat inovasi dan aktifitas yang ada di Kampung KB.

“kami berharap dengan adanya rechecking ini dapat meningkatkan kualitas Kampung KB itu sendiri dengan memiliki SDM yang semakin berkualitas. Unggul, dan berdaya saing dengan yang lainnya.” Ujarnya.

Kampung KB Gema Bhakti didirikan pada tanggal 18 Februari 2018. Berlokasi di Dusun Porang Desa Pasiraagung Kecamatan Hantara, pembentukan KB Gema Bhakti merupakan implementasi dalam mensukseskan agenda prioritas pembangunan nasional, terutama nawacita ketiga yaitu membangun masyarakat dari wilayah pinggiran dengan progrsm Kampung KB pada tingkat wilayah pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yaitu RW/Dusun.

Menurut laporan yang disampaikan oleh Kepala Desa Pasiragung, sampai Oktober 2020, di bidang Keluarga Berencana tercatat sebanyak 72 jiwa (80,90%) yang aktif dalam kesertaan ber KB dari jumlah total PUS (Pasangan Usia Subur) 89 jiwa, dengan penggunaan alat kontrasepsi jangka pendek (suntik dan pil) sebanyak 48 jiwa (66,7%) dan MKJP sebanyak 24 jiwa (33,33%).

Kampung KB Gema Bhakti memiliki visi “Terbangunnya Tata Kehidupan Bermasyarakat yang Serasi, Selaras dan Seimbang dalam Pembangunan Keluarga yang Berkualitas”. Sedangkan, misi dari Kampung KB Gema Bhakti adalah “terciptanya kerukunan hidup dengan menerapkan 8 fungsi keluarga dan terwujudnya keluarga mandiri yang dinamis”. Adapun motto Kampung KB Gema Bhakti yaitu “Bhakti Kami Menggema Dihati”.

“Mudah-mudahan dengan terbentuknya Kampung KB Gema Bhakti di Desa Pasiragung, masyarakat Desa Pasiragung bisa menjadi Keluarga Berencana yang berkualitas, sesuai dengan nama Kampung KB yaitu Kampung Keluarga Berkualitas.” Ujar Kepala Desa Pasiragung.

Menurut Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, kegiatan ini merupakan pertemuan yang strategis. di tahap pertama, Kampung KB Gema Bhkati mendpapat nilai tertinggi yaitu 92,75. Ia berharap dan berkeyakinan pada kesempatan ini akan menerima nilai yang sama seperti penilaian pertama.

"Telah banyak syarat yang dipenuhi untuk dapat menjadi yang terbaik di Jawa Barat. hal ini dapat dibuktikan dengan program-program yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat di Kampung KB Gema Bhkati dan Desa Pasiragung pada umumnya. Hal yang sudah DPPKBP3A lakukan untuk mendukung program Kampung KB antara lain pembinaan pendamping Kampung KB, pembinaan pengurus dan pengelola Kampung KB, bimbingan teknis pelaporan online Kampung KB, pembinaan rumah data, dan pembuatan tugu kampung KB." ujar Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan.

Pada kesempatan ini, Bupati Kuningan mengucapkan terima kasih kepada Tim Juri Rechecking Kampung KB dalam rangka Apresiasi Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahap II di wilayah Kampung KB Gema Bhakti Desa Pasiragung Kecamatan Hantara.

Menurut Bupati Kuningan, Kampung KB akan berhasil manakala dilakukan secara bersama dengan bahu-membahu antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat yang ada.

“khusus pembangunan kampung kb atau program kampung kb secara umum, di kabupaten kuningan sampai dengan saat ini berdasarkan hasil pemutakhiran data bulan oktober 2020 sudah terbentuk sebanyak 120 kampung KB yang tersebar di 32 Kecamatan.” Ujar Bupati Kuningan.

Bupati kuningan juga menyampaikan, beberapa hal yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten kuningan untuk mendukung program kampung kb antara lain:

  • Surat Edaran Bupati Kuningan Nomor. 476/SE.03-DPPKB/2017 Tentang Dukungan SKPD dan Pemerintah Desa Dalam Kampung KB.
  • Dukungan dana dari ADD di setiap desa yang memiliki program kampung KB
  • Dukungan, sinergitas dan keterpaduan dari setiap SKPD untuk membangun kampung KB
  • SK Bupati Nomor 470/KPTS-89.DPPKB/2019 tentang Pembentukan Pokja Advokasi Lintas Sektor Program Kependudukan, Kb Dan Pembangunan Keluarga Di Kabupaten Kuningan Periode 2019-2023.

“saya berharap kepada tim juri recheking/apresiasi tahap ii kampung kb terbaik tingkat provinsi jawa barat, agar kampung kb gema bhakti desa pasir agung menjadi percontohan kampung kb klasifikasi berkembang di wilayah jawa barat dalam arti siap menjadi juaranya.” Pungkas bupati kuningan. (BID/IKP/DISKOMINFO)