Bupati Kuningan hadiri Penandatanganan Kerjasama SMK Pertiwi Kuningan dengan DISDIKBUD dalam penerapan SMART SCHOOL , Launching Women Skill Up Development Program Kerjasama dengan ILO (International Labour Organization)

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH hadiri Penandatanganan Kerjasama SMK Pertiwi Kuningan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan dalam penerapan SMART SCHOOL di SMP Se-Kabupaten Kuningan dan Launching Women Skill Up Development Program Kerjasama dengan ILO (International Labour Organization) serta Launching Aplikasi Android SAGAKU (Sagala Kuningan) Hasil Karya Siswa SMK Pertiwi Kuningan di GOR H. Tjetje Priatna SMK Pertiwi Kuningan (26/11/2020)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Drs. H. Uca Somantri, M.Si. , Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan Dr. H. Toto Toharuddin, M.Pd. ,  Ketua Yayasan Pendidikan Abdhi Pertiwi Kuningan Asep Kadilah Nurhidayat, SE., M.Si. , Direktur Axioo Class Program Timotius Theopelus, S.T., MCSE. , Chief Executive Officer PT. Joindo Eka Handal Makeblock Indonesia Erwin Octavia , M.T , Founder Sekolahan.id Hendry Cahya Irawan, M.T , Kepala Desa Kasturi  Edi Kosasih , Dewan Pendidikan , Dewan Kebudayaan ,  Kepala SMP Se-Kabupaten Kuningan dan Pengawas SMP

Pada era komputerisasi saat ini, teknologi informasi sangat berkembang dengan sangat pesat khususnya di bidang Mobile. Banyak masyarakat yang sudah menggunakan smart phone untuk kebutuhan sehari-hari karena memiliki beragam fitur terutama dalam menyampaikan suatu informasi. Aplikasi dalam bentuk Mobile android merupakan solusi yang dapat menjawab kekurangan yang sudah ada. Aplikasi dalam bentuk Mobile mempunyai beberapa kelebihan. Salah satunya efisien dalam penggunaannya dan tidak menghabiskan banyak waktu.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas maka munculah ide kreatif dari siswa SMK Pertiwi Kuningan untuk mengembangkan start – up dalam bidang aplikasi dengan membangun sebuah system media informasi yang akan mempermudah masyarakat dalam mencari informasi tentang Pariwisata Kabupaten Kuningan. Aplikasi tersebut akan berisi informasi Wisata, Hotel, Produk Lokal dan lain-lain yang ada di Kabupaten Kuningan dengan tujuan membangun dan mempromosikan bidang sektor pariwisata dan UMKM yang ada di Kabupaten Kuningan guna memperluas informasi tentang potensi wisata maupun produk yang terdapat di Kabupaten Kuningan ke masyarakat luar dalam bentuk aplikasi informasi digital.

“Aplikasi SAGAKU ini akan membantu masyarakat atau khususnya para pengelola pariwisata yang akan membantu meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjungan dan dari pengunjung ini bukan hanya yang berada di Wilayah Kabupaten Kuningan saja akan tetapi karena aplikasi ini bisa didownload oleh siapa saja maka tidak menutup kemungkinan bisa mendatangkan pengunjung dari luar. Selain dari segi Pariwisata pada aplikasi ini juga bisa mengenalkan produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat yang berada di Wilayah Kabupaten Kuningan.” Ujar Kepala Sekolah SMK Pertiwi Kuningan Dea Ariana Vamitrianto, SE., M.Si., yang didampingi oleh Siswa Maulana Fadil Kelas XII RPL dan Ilham Hafiz Kelas XII RPL beserta Guru Pembimbing Dias Persada S.Kom dan Dadan Moch. Ramdani, S.Kom yang membantu terciptanya Aplikasi Sagaku.

Dalam kesempatan ini bupati menyampaikan, Kegiatan hari ini dilaksanakan penandatangan kerja sama Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan dengan SMK Pertiwi terkait dengan smart school dimana dari sarana dan prasarana kemampuan di bidang Smart School yang ada di SMK Pertiwi ini setelah kerja sama wajib kita aplikasikan untuk sosialisasi kepada seluruh jajaran SMP dan SD. dan di SMK Pertiwi ini disediakan sarana dan prasarana untuk melatih, berlatih cuma-cuma artinya ini gratis.

“ini merupakan sesuatu bentuk kepedulian dari yayasan SMK Peritiwi Kabupaten Kuningan ini harus menjadi contoh, dan harus dimanfaatkan oleh semua. bukan karena gratis tapi ingin bersama-sama dengan semangat menyongsong kabupaten kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan. dengan sama-sama bukan menyongsong lagi tapi kita wajib untuk adaptasi menyeseuaikan dengan pendidikan berbasis digitalisasi berbasis aplikasi , tekologi dan lain sebagainya.” Ujar Bupati Kuningan.

Ia juga menyampaikan, dengan launching aplikasi Sagaku (Sagala Kuningan) berterimakasih kepada SMK Pertiwi yang sudah ikut mewartakan baik dalam bentuk promosi atau pemberitahuan kepada seluruh masyarakat, bukan kuningan saja tapi ini mewartakan ke dunia Internasional. Apa saja yang ada dikuningan, apa saja yang terjadi di kuningan, dan termasuk potensi-potensi yang ada di kabupaten kuningan. Seperti Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, berikut UMKM maupun keterampilan pokoknya.

“Dengan ini saya yakin,  mungkin yang tidak tahu Kuningan akan tahu Kuningan, yang tidak mengenal Kuningan akhirnya akan mengenal Kuningan, yang tidak berminat ke Kuningan akhirnya berminaat ke Kuningan, dan yang melihat kuningan kurang menarik sekarang orang tertarik untuk ikut berpikir tentang Kuningan, seperti dalam bentuk investasi” Jelas Bupati Kuningan.

Kepala Selolah SMK Pertiwi Kuningan Dea Ariana Vamitrianto SE Msi , menjelaskan bahwa SMART SCHOOL adalah Program yang bekerjasama antara SMK Pertiwi Kuningan dengan Dinas Pendidikan Kab Kuningan melalui Penerapan SMART SCHOOL di SMP se-Kabupaten Kuningan, dalam bidang School Management System, Learning Management System, Pelatihan Guru & Siswa, serta upgrade kompetensi di bidang : Software, Hardware, Internet of Things, Algoritma pemrograman, Robotika, dan Jaringan Komputer, dan Data Center di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan.

Launching Women skill up development Program ini adalah kerjasama ILO bersama CLEVIO Coder Cam. Dimana Program ini untuk meningkatkan kemampuan perempuan Indonesia yang berusia 17 tahun keatas agar mampu berkarir dan berwirausaha mandiri di dunia web programming. Juga terbuka bagi penyandang disabilitas.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMK Pertiwi Kuningan juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati karena selama ini telah banyak membantu SMK Pertiwi Kuningan, dan atas dukungannya  yang selalu hadir untuk kegiatan pendidikan kuningan.

Usai acara Bupati Kuningan di dampingi Kadisdikbud dan Kepala Sekolah SMK Pertiwi melakukan School Tour untuk melihat-lihat program-program unggulan yang ada di sekolah seperti Teknik Kendaraan Ringan Otomotif seperti mencoba test drive Mobil Mollizer (Mobil Listrik Serbaguna), Teknik Bisnis, Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Perbankan dan Keuangan Mikro, Teknik Ototronik, Bisnis Daring dan Pemasaran, Teknik Elektronika dan Industri. (Bid/Ikp/Diskominfo).