Bupati Kuningan Me-Launching Sistem Aplikasi Bantun Hibah (SiAbah) Kabupaten Kuningan

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH., didampingi Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda,SH.,M.Si., beserta Sekda Kabupaten Kuningan DR. Dian Rahmat Yanuar, me-Launching Aplikasi SiAbah (Sistem Aplikasi Bantuan Hibah) Kabupaten Kuningan, di Ballroom Hotel Horison, Sangkan Hurip, Kuningan, Senin (4/2/2019).

Acara dihadiri oleh perwakilan SKPD, Anggota DPRD, Perwakilan Kodim 0615 Kuningan, Polres Kuningan dan Kejaksaan Negeri Kuningan, dan juga beberapa perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat. Pada acara tersebut juga dihadirkan narasumber yaitu dari Departemen Dalam Negeri yang memaparkan mengenai Mekanisme Belanja Hibah dan Bansos, sedangkan dari pihak pengembang aplikasi menjelaskan mengenai proses alur kerja sistem aplikasi siabah yang dapat diakses di https://siabah.kuningankab.go.id.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan “Dewasa ini seluruh instansi pemerintah telah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai pendukung dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, namum dalam perkembangannya, TIK belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas, oleh karena itu TIK termasuk dalam sembilan program percepatan reformasi birokrasi, sesuai dengan Inpres No. 3 Tahun 2003”, Ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan "Untuk mewujudkan itu dalam rangka menindaklanjuti instruksi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pemerintah Kabupaten Kuningan telah mengembangkan aplikasi yang digunakan untuk menangani proses pemberian bantuan hibah".

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Infromatika Kabupaten Kuningan, Drs.Teddy Suminar, M.Si., melalui Kepala Bidang Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Elektronik, Dra. Wetty Sri Sulistiani, mengatakan "Aplikasi ini akan mulai digunakan untuk proses pemberian hibah tahun anggaran 2020, dimana proposal harus masuk pada sistem SiAbah mulai Februari sampai dengan April 2019".

Adapun Tahapan SiAbah, yaitu:

  1. Masyarakat mendaftar di Situs Aplikasi SiAbah yaitu http://siabah.kuningankab.go.id
  2. Mengupload Proposal 
  3. Pemeriksaan, Penyeleksian, Evaluasi dan Penyetujuan Hibah oleh Tim Verifikator Siabah.
  4. Hibah Berjalan
  5. Laporan Pertanggungjawaban.