Bupati Kuningan Melaksanakan Rapat Koordinasi dengan SKPD

Bupati Kuningan Melaksanakan Rapat Koordinasi dengan SKPD

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. melaksanakan Rapat Koordinasi dengan jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan pada Selasa (3/11/2020). Dalam kegiatan tersebut hadir juga Wakil Bupati H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si, Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., Staf Ahli Bupati, para Asisten Daerah, para Kepala SKPD, Kabag Lingkup Setda Kabupaten Kuningan, serta camat se-Kabupaten Kuningan.

Rapat koordinasi ini dimaksudkan untuk mengevaluasi seluruh kegiatan menjelang akhir Tahun Anggaran 2020 serta hal-hal lainnya terkait situasi covid19 yang masih ada di Kabupaten Kuningan. Hal lainnya adalah perencanaan kegiatan tahun 2021 yang perlu adanya perhatian dari seluruh SKPD sehingga kegiatan dapat lebih tepat sasaran dalam pelaksaaan tahap pembangunan di tahun ketiga kepemimpinan H. Acep Purnama, SH., MH., dan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si.

Sebagaimana dimaklumi bersama, banyak kegiatan di tahun 2020 terkendala dengan adanya wabah pandemi covid19 sehingga banyak kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan sesuai rencana. Untuk itu Bupati Kuningan menekankan kembali kepada jajarannya untuk melaksanakan perencanaan dengan baik dan matang.

"Mudah-mudahan covid 19 segera berlalu dan kita bisa melewati itu semua sehingga pembangunan di Kabupaten Kuningan dapat dilaksanakan dengan baik.” Ujar Bupati.

Selain beberapa hal diatas, Bupati juga menyoroti masalah stunting yang perlu dilakukan penanganan secara terintegrasi antara beberapa dinas, seperti Dinas Kesehatan, DPMD, Rumah Sakit serta dinas terkait lainnya sehingga generasi muda Kuningan kedepan akan mendapatkan gizi yang baik serta persoalan stunting dapat teratasi dengan tepat.

"Masalah stunting ini perlu adanya penanganan dari beberapa dinas, hal ini nanti perlu ditindaklanjuti dengan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) antara beberapa dinas, sehingga persoalan ini dapat terselesaikan dengan baik, untuk itu peran bapak ibu kepala SKPD dan seluruh Camat kiranya dapat membantu penanganannya sesuai bidangnya masing-masing" ucapnya menambahkan.

Beberapa hal lainnya yang menjadi pekerjaan rumah, lanjut Bupati adalah mengenai perijinan, pariwisata dan pertanian.

"Terkait perijinan, saya minta peran Camat dalam hal ini perlu cermat dan melakukan himabauan kepada masyarakat ketika akan membangun. Juga Satpol PP harus tegas dalam menjalankan aturan-aturan terkait perijinan. Saya juga ingin semua hal terkait perijinan ini diketahui oleh saya, wakil bupati maupun sekretaris daerah.” Tegas Bupati.

Terkait hal pariwisata, sesuai dengan visi jangka panjang Kabupaten Kuningan, Bupati menyampaikan keinginannya untuk dilaksanakan rapat koordinasi terbatas antara Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, DPMD dengan stakeholders lainnya yang juga terkait. Sehingga berorientasi kepada majunya sektor pariwisata itu sendiri.

Selain itu lahan-lahan kosong untuk pertanian agar kembali didata oleh Dinas Pertanian untuk dilakukan kajian, tanaman apa yang cocok ditanami di area tersebut.

Hal penting lainnya yang mendapat perhatian pada rapat koordinasi kali ini adalah terkait bidang pendidikan dimana saat pandemi ini, beberapa bulan anak sekolah tidak masuk. Bupati meminta kepada Dinas Pendidikan untuk melakukan upaya dalam rangka meningkatkan kualitas anak didik dengan terus dilaksanakan monitoring dan evaluasi kepada sekolah-sekolah. (Bid/Ikp/Diskominfo)