Bupati Kuningan Melantik 4 Pejabat Sekaligus Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan

Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH., MH. resmi melantik 4 pejabat sekaligus Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan, Jumat (02/12/2020).

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Kuningan, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan, Asisten, Staf Ahli dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah se-Kabupaten Kuningan, Ketua Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kuningan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang Baru di Lantik, Rekan-rekan Wartawan Media Cetak, Elektronik maupun Online.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan mengucapkan selamat kepada 4 pejabat yang telah resmi dilantik diantaranya adalah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuningan Drs. Agus Basuki, M.Si., Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Kuningan Beni Prihayatno, SSos M.si , Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan Uu Kusmana, S.Sos M.Si., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten kuningan Dr. Wahyu Hidayah, S.Hut., M.Si.

Dasar pengangkatan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama kali ini dikarenakan adanya pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang telah mencapai batas usia pensiun, meninggal dunia dan telah dilaksanakan pengangkatan dalam, dan dari jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan maka terdapat kekosongan 6 (enam) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2020 bahwa pengisian JPT pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan atau lebih dikenal dengan seleksi terbuka atau open bidding.

Berdasarkan ketentuan dimaksud pemerintah kabupaten kuningan telah melaksanakan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama kabupaten kuningan selama kurang lebih 2 (dua) bulan.

“alhamdulillah seluruh tahapan berjalan lancar sampai dengan tahapan terakhir panitia seleksi mengumumkan 3 (tiga) peserta dengan nilai terbaik dan selanjutnya pejabat pembina kepegawaian telah menetapkan 1 (satu) orang dari masing-masing jabatan untuk diangkat dalam jabatan pimpinan tinggi pratama kabupaten kuningan pengangkatan jabatan pimpinan tinggi pratama ini telah melalui proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan mendapatkan Rekomendasi Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor: B-3742/KASN/11/2020, tanggal 24 November 2020 perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.” ujarnya

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menyampaikan kepada seluruh pejabat yang hadir bahwa jabatan adalah amanah dari Allah SWT yang wajib dilaksanakan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan janji dan sumpah jabatan yang telah diikrarkan serta yang diucapkan dan dituangkan dalam bentuk pakta integritas karena pada dasarnya amanah tersebut harus di pertanggungjawabkan secara institusional kepada pemerintah dan secara moral kepada Allah SWT.

Bupati berharap dalam pelaksanaan tugas dapat bekerja dengan sungguh sungguh dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan prinsip Good Governance yang pada akhirnya akan berdampak pada terciptanya pelayanan prima kepada masyarakat.

Sejalan dengan salah satu Nawacita pemerintah saat ini adalah membuat pemerintah tidak absen dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya dengan memberikan prioritas dalam upaya memulihkan kepercayaan publik pada institusi-institusi demokrasi dengan melanjutkan konsolidasi demokrasi melalui sistem kepartaian, pemilu dan lembaga perwakilan.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati menyampaikan kepada Pejabat yang baru dilantik segera lakukan koordinasi dan konsolidasi pada masing-masing satuan kerja perangkat daerah di dalam pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Kuningan, serta ciptakan keharmonisan dan kekompakan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan, serta segeralah mempersiapkan diri untuk bekerja melaksanakan program-program yang belum dan sedang dilaksanakan.

Sebagai pembantu pimpinan dan filter bahan penetapan kebijakan pimpinan pejabat pimpinan tinggi pratama harus teliti dan cermat dalam menyusun konsep baik dalam bidang administrasi, organisasi dan tata laksana maupun ekonomi pembangunan sehingga penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik terutama dikaitkan dengan pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Kuningan.

Menyikapi kondisi yang sedang terjadi saat ini, yaitu masih merebaknya virus corona, kepada para pejabat yang baru dilantik sebagai kepala satuan kerja perangkat daerah agar segera mengambil langkah langkah yang strategis sesuai dengan kewenangan dan tupoksi dinasnya masing-masing.(BID/IKP/DISKOMINFO)