Bupati Kuningan Terima Tim Penilai Wahana Tata Nugraha

Penilaian Wahana Tata Nugraha

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos., M.AP mengatakan Kabupaten Kuningan saat ini merupakan yang pertama kalinya ikut berpartisipasi dalam penilaian wahana tata nugraha, dengan tujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan transportasi kawasan perkotaan yang handal, berkelanjutan dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam disiplin berlalu lintas sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.
 

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kuningan memiliki komitmen yang kuat untuk senantiasa mengadakan pembenahan dan peningkatan terhadap penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan serta penataan terhadap wilayah perkotaan secara umum. “ Ini terus menjadi prioritas walaupun kemampuan keuangan daerah masih terbatas namun alokasi anggaran untuk pembangunan sektor perhubungan di wilayah perkotaan senantiasa meningkat dari tahun ke tahun,” ujarnya. Rabu (10/6/2015) di Ruang Rapat Linggajati.
 

Bupati Kuningan menyampaikan terima kasih kepada Dinas Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Perhubungan, karena partisipasi Pemerintah Kabupaten Kuningan ternyata mendapat respon yang baik, dan kota Kuningan mendapat kepercayaan untuk dilakukannya penilaian tahap II dan III berupa peninjauan lapangan.
 

Hadir Ketua Tim penilai Pusat Jawa Barat III, Ir. Rusli Rahim, M.Si, Ketua Tim Penilai Provinsi Jawa Barat, Ali Nurudin, Komisi C DPRD Kuningan, Kepala Dinas Perhubungan, Drs. Jaka Chaerul.
 

Sementara itu, Ketua Tim penilai Pusat Jawa Barat III, Ir. Rusli Rahim, M.Si menyampaikan terima kasih atas respon yang diberikan Bupati Kuningan terhadap penilaian yang dilakukan tim penilai dari pusat dan dari Provinsi Jawa Barat. “ Kuningan pada tahun ini menjadi salah satu dari 204 Kabupaten/Kota di Indonesia yang mendapatkan penilaian untuk mendapatkan anugerah Wahana Tata Nugraha 2015,” ujarnya.
 

Menurutnya, ada empat kriteria penilaian diantaranya tata guna ruang, sirkulasi, penataan bangunan serta utilitas, dan saat ini hasil penilaian yang telah dilakukan di Kabupaten Kuningan akan disajikan secara utuh untuk dibahas bersama stake holder yang ada di Kabupaten Kuningan.
 

Ada beberapa penilaian terbaik yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan diantaranya Terminal Tipe A Kertawangunan yang memiliki berbagai fasilitas yang telah memenuhi persyaratan penilaian. ( Sumber : Beben, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Penilaian Wahana Tata Nugraha