Kegiatan Penguatan Usaha Bagi UMKM Dari Kecamatan Ber IPM Rendah

Kegiatan penguatan UMKM di tiga Kecamatan IPM rendah berlangsung Kamis dan Jumat (21-22/12) di Hotel Ayong Kuningan, dengan menghadirkan tiga puluh peserta masing-masing sepuluh orang dari tiga kecamatan. Kecamatan-kecamatan itu yakni Kecamatan Cibeureum diwakili oleh Kelompok UKM Binangkit desa Sumurwiru, Kecamatan Selajambe oleh Kelompok UKM Arum sari desa selaambe dan Kecamatan Subang oleh Kelompok UKM Dewi Sri desa Pamulihan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan Ir. Bunbun Budhiyasa mengatakan bahwa dengan IPM yang rendah tidak berarti rendahnya kualitas suatu kelompok, mungkin saja sistemnya yang perlu disempurnakan. “Untuk itu jangan berkecil hati bagi saudara-saudara yang berdomisili di tempat ber IPM rendah, Insya Allah dengan mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh akan terasa manfaatnya,” katanya.

Dalam kegiatan ini masing-masing kelompok diberikan bantuan berupa alat-alat produksi. degan harapan dapat dinanfaatkan sebagai mana mestinya. Sementara itu PPTK kegiatan ini Sutin, SP mengaytakan, pelaksanaan Kegiatan pemguatan UMKM di tiga kecamatan IPM rendah merupakan bagian salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan yang diarahkan menggali dan mengembangkan produktifitas kelompok UKM guna mendorong menumbuhkan IPM bidang daya beli khususnyadi daerah IPM rendah.

Sementara itu kegiatan ini menghadirkan narasumber internal Eselon II, III dan IV antara lain Kepala Dinas, Kabid KUKM Pengawasan dan Pemeliharaan, Kasi Pengawasan dan Kepatuhan Kelembagaan KUKM dan Kasi Tatalaksana KUKM. (MC Kuningan/Yudi Suprayudi)