Kemeriahan Karnaval Budaya Dalam Rangka Milangka Ke-521 Kuningan

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H., mengharapkan Karnaval Budaya dalam rangka memeriahkan Milangkala ke-521 Kuningan yang digelar di sepanjang Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan, Kamis, (5/9/2019), mampu mempererat persatuan dan kesatuan khususnya masyarakat Kabupaten Kuningan dalam mewujudkan visi pembangunan Kabupaten yaitu KUNINGAN MAJU (Ma’mur Agamis Pinunjul) Berbasi Desa Tahun 2023.

“Semoga mampu mempererat persatuan dan kesatuan untuk membangun Kuningan Maju (Makmur, Agamis, dan Pinunjul. Seni dan budaya merupakan salah satu instrumen untuk mengharmoniskan seluruh sendi-sendi kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Bupati Acep Purnama, saat melepas peserta karnaval itu.

Sebelum melepas Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat apa bila terselenggaranya pawai ini telah mengganggu aktivitas. Dengan rangkaian kegiatan ini, tanpa melupakan marilah kita menghormati jasa jasa para pahlawan dan leluluhur karena kita ada saat ini, tak lepas dari adanya mereka. Dan tak hentinya kita bersyukur atas nikmat Allah SWT yang diberikan untuk Kuningan.

Karnaval Budaya diharapkan menjadi wahana efektif untuk bersilaturahmi, memperkenalkan seni budaya, sekaligus meningkatkan semangat dalam rangka menyukseskan berbagai sektor pembangunan di Kabupaten Kuningan.

Pawai diawali tim Forider Polres Kuningan Maching Band Sat Pol PP Kuningan, Pasukan Pengibar Bendera (PPI), disusul Bupati bersama unsur FKPD, Asda, Staf Ahli, Kepala SKPD, gabungan pasukan TNI-Polri, ibu-ibu PKK, Dharma Wanita, Bhayangkari Polres Kuningan, Persit Chandra Kirana Kodim 0615 Kuningan, SKPD dan lembaga lainnya sebanyak 38 peserta kolaborasi dengan sanggar, Organisasi kemasyarakatan, pemuda, sekolah dan masih banyak lagi.

Dimeriahkan dengan berbagai kreasi yang didominasi dengan Adat Sunda, namun ada juga identitas nusantara. Tak sedikit dari kalangan masyarakat yang menonton membawa keluarga. Hal ini dijadikan moment penting bagi mereka.

Salah seorang warga Ciwaru, Udin bersama keluarga yang menonton langsung di depan Pendopo mengatakan, Kami bersama keluarga sudah datang sebelum acara di mulai karena tidak ingin kehilangan momen. "Saya merasa terhibur dengan aneka ragam helaran yang disuguhkan para peserta. Semoga di Hari Jadi Kuningan ini. Kuningan Makmur dan berkah,"ungkapnya.

Usai Pawai Karnaval budaya yang dimulai Pukul 08.00 WIB ini, selanjutnya pukul 11.00 WIB Pawai Alegoris yang diawali oleh marching Band SMKN 3 Kuningan dengan jumlah 50 peserta dari sekolah, perguruan tinggi, dan kelompok masyrakat.

Dan terakhir masyarakat disuguhkan Karnaval mobil hias. Dan akhirnya sekitar Pukul 15. 30 WIB karnavalpun selesai. "Semoga kegiatan ini terus dilestarikan setiap tahunnya dengan menampilkan lebih banyak lagi helaran kreasi seni budaya yang ada di Kuningan,"ungkap Wawan yang menyaksikan Pawai di Lokasi Taman Kota ini .