Indonesian English

Memaknai Hari Kebangkitan Nasional

Kategori: 
Penulis: 
PDE2.Diskominfo

Nilai-nilai kebangkitan nasional yang diperjuangkan para pendahulu kita telah menjadi perekat jalinan persatuan dan kesatuan diantara kekuatan dan komponen bangsa. Ia telah memberi semangat untuk melepaskan diri dari penjajahan, mengejar ketertinggalan dan membebaskan diri dari keterbelakangan. Nilai-nilai tersebut menjadi dasar perjuangan para pemuda yang kemudian pada tanggal 20 Mei 1908 terorganisasi dalam wadah pergerakan bernama "Boedi Oetomo". Dari sinilah kemudian semangat nilai-nilai persatuan dan kesatuan ini semakin mengkristal dan menjadi kekuatan moral bangsa sebagaimana tertuang dalam ikrar "Soempah Pemoeda", pada tanggal 28 Oktober 1928.

 
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-104 tahun tingkat Kabupaten Kuningan dilaksanakan bertempat di Pandapa Paramarta Komplek Stadion Kuningan, Senin 21 Mei 2012. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Kuningan, H. Momon Rochmana, hadir pula dalam upacara tersebut Dandim, Letkol Kav. Sugeng Waskito Aji, Kapolres, AKBP. Wahyu Bintono Hari Bawono, S.Ik, Kepala Pengadilan Negeri, Erwan Tony SH, MH, Ketua DPRD, Acep Purnama SH, serta para Kepala SKPD.
Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan, perjuangan panjang yang ditempuh oleh bangsa Indonesia tersebut, akhirnya kita capai dengan memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 sebagai bangsa yang merdeka dari penjajahan. Bangsa Indonesia telah bersepakat bahwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperoleh melalui perjuangan panjang tersebut harus tetap dipertahankan, dipelihara dan dijaga.
Berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan masih saja terjadi. Beberapa tahun terakhir ini bangsa kita dilanda dengan berbagai cobaan berupa bencana alam sebagai akibat atau pengaruh lingkungan global yang menyebabkan kerusakan diberbagai sektor kehidupan kita bahkan menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar. Papar Wabup.
Selanjutnya dengan memperhatikan perkembangan dan kecenderungan penomena bangsa tersebut,  maka semangat dan jiwa Kebangkitan Nasional menjadi penting untuk terus tetap digelorakan dalam setiap individu warga negara Indonesia, agar tetap waspada dalam rangka menjaga keutuhan kita sebagai sebuah bangsa yang besar dalam bingkai NKRI.
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-104 Tahun 2012 ini akan kita jadikan sebagai sebuah momentum untuk memasuki kebangkitan nasional pada tahun-tahun berikutnya.  Momentum ini ditandai dengan berbagai kegiatan dan aktifitas yang dilakukan oleh pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dari pusat sampai daerah untuk terus mengokohkan, menguatkan dan memelihara semangat kebangkitan Nasional. Alam berbukit jangan sekedar dipandang, mari kita bangkit dengan semangat juang. Tutup Wabup. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).