Pantau Posko Siaga Covid-19, Bupati Kuningan Minta Petugas dan Warga Jaga Kesehatan

Kategori: 

KUNINGAN,- Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. Bersama Ketua DPRD Kab.Kuningan, Nuzul Rachdy, SE melakukan pemantauan Posko Siaga Covid-19 atau Virus Corona, Jumat (27/03/2020) malam. Turut serta dalam pemantauan tersebut, Forkopimda Kab.Kuningan, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, sejumlah petugas Dinas Perhubungan dan Pol PP.

Adapun Posko yang dipantau yakni, Posko Desa Mekarjaya, Kecamatan Cimahi dan Posko Tugu Kujang perbatasan Jabar-Jateng di Desa Cibingbin, Kecamatan Cibingbin.

Dilokasi pemantauan, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama mengatakan, pemantauan tersebut dilakukan guna mengecek kesiapan fasilitas yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19, sekaligus mengecek kesiagaan personil yang bertugas. Mengingat, fungsi posko tersebut juga memberikan pelayanan setiap pengaduan masyarakat terkait Corona.

“Saya minta peran posko ini dioptimalkan, terutama untuk pengecekan kesehatan masyarakat Kuningan yang datang dari perantauan dan juga melayani pengaduan dari masyarakat agar dipermudah mereka mendapatkan penanganan serta informasi terkait Virus Corona. Yang terpenting edukasi dan pencegahan,” Tuturnya.

Dihadpan personil Posko Siaga Covid-19, Bupati meminta, agar para petugas jaga tetap memperhatikan kesehatan masing-masing, mengingat tugas yang diemban cukup berat. “Saya meminta kepada para petugas untuk menjaga kesehatan masing-masing, jangan sampai kelelahan, diirit-irit (red_dihemat) lah tenaga kita, dengan jaga bergiliran. Kepada masyarakat juga ikuti anjuran pemerintah untuk hindari kerumunan, jaga jarak aman dengan orang lain atau social distancing dan lakukan pola hidup bersih dan sehat,” imbuhnya.

Selanjutnya Bupati, meminta para Kepala Desa untuk aktif memantau warganya yang datang dari luar kota, karena dihawatirkan terpapar Virus Corona dari daerah rantaunya. “Saya mohon lakukan monitoring yang baik dan benar atas kehadiran saudara-saudara kita, dari mana mereka, berapa hari mereka tinggal ditempat asalnya di luar kota serta di cek kesehatannya. kalau ada indikasi-indikasi yang mengarah kepada gejala-gejala Covid-19, jangan ragu untuk konsultasi bahkan diperiksakan kepada aparat yang berwenang, dalam hal ini Puskesmas, Dokter, Perawat dan lainnya,” tutupnya. (Bid IKP/Diskominfo)