Indonesian English

Porsenitas Ke-VI Tahun 2017 Resmi Dibuka, Beragam Atraksi Kesenian Ikut Meriahkan Upacara Pembukaan

Kategori: 

Bertempat di Stadion Mas'ud Wisnusaputra, Pekan Olahraga dan Seni Daerah Perbatasan (Porsenitas) ke VI tahun 2017, Selasa malam (12/12) resmi dibuka. Berbagai peserta kontingen dari Kabupaten/Kota yang tergabung dalam KUNCI BERSAMA melakukan defile disertai beberapa atraksi kesenian dari daerahnya masing-masing. Suasana yang cukup meriah membuat penonton yang hadir cukup antusias menyaksikannya.

Porsenitas ke-VI tahun 2017 diikuti oleh 9 Kabupaten/Kota, antara lain Kuningan sebagai tuan rumah, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar. Kabupaten Tasikmalaya juga hadir pada acara tersebut sebagai peninjau.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH tidak tampak dalam acara pembukaan posenitas karena ada agenda yang tidak bisa ditinggalkan di Jakarta. Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Dede Sembada, Bupati menyampaikan, “Selamat datang kepada para peserta kontingen porsenitas ke-VI tahun 2017, harapan saya semoga ajang ini akan meningkatkan kerjasama di daerah perbatasan, juga saling mengenal dan berinteraksi, dengan sikap sprotifitas tinggi, akan semakin memperkokoh jalinan persahabatan serta sikap saling membutuhkan antar daerah perbatasan.”

Selanjutnya pengembangan kawasan perbatasan harus dilakukan seoptimal mungkin dengan mengembangkan seluruh potensi sumberdaya wilayah (sumberdaya alam, sumberdaya buatan dan sumberdaya manusia) untuk mencapai kesejahteraan dan keamanan. Model pengembangan perbatasan yang dapat dikembangkan sesuai dengan kondisi dan potensi kawasan dapat berupa kawasan strategis, kawasan pusat pertumbuhan, kawasan agropolitan, kawasan minapolitan, kawasan transito dan kawasan wisata. Tabloid ini juga diharapkan dapat membantu menggali potensi-potensi daerah sehingga berdampak kepada masyarakat perbatasan, selain ditujukan juga untuk media hiburan, pendidikan dan informasi kepada masyarakat pada umumnya.

Selain Wakil Bupati Kuningan, tampak hadir Bupati Cirebon Sunjaya Purwa Disastra, Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti dan Wakil Bupati Brebes Narjo, SH, Walikota Banjar Ade Uus, Sekda Majalengka Drs. H. Ahmad Sodikin, Asisten Pembangunan Kota Cirebon Ir, H. Yoyon Indriyana, MT, Sekda Pangandaran H. Mahmud, SH, MH, Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, Hadir dalam acara tersebut Ketua Sekretariat Bersama BKAD, H. Aang Hamid Suganda. Acara pembukaan porsenitas ke-VI tahun 2017 berakhir pada sekitar pukul 22.00 wib ditandai dengan adanya pesta kembang api.

Atraksi kesenian dari beberapa kabupaten/kota yang tergabung dalam Badan Kerja ama Antar Daerah (BKAD) Kunci Bersama turut memeriahkan pembukaan Pekan Olahraga dan Seni antara Daerah Perbatasan (Porsenitas) itu. Ribuan warga turut menyaksikan acara itu. Tampak hadir sejumlah pejabat SKPD di lingkup Kabupaten Kuningan, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta bupati dan walikota peserta Porsenitas.

Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada, mengatakan Porsenitas “Kunci Bersama” ke-Vl Tahun 2017 ini akan dilaksanakan selama lima hari mulai 11 hingga 15 Desember 20l7. cabang olahraga yang dipertandingkan ada 12 yaitu: Billiar, Sepak Bola, Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Catur, Futsal. Gerak jaian, Senam SKJ dan Aerobik. TanisLapang, TenisMeja dan OlahragaTradisional, serta pentas seni dan pameran yang diikuci oleh seluruh kontingen.

Pameran menyajikan produk ungguian masing-masing kabupaten/kota BKAD “KUNCI BERSAMA“, “Kegiatan ini untuk mempererat taii silaturahmi antar ASN, meningkatkan kesadaran ASN untuk teratur berolahraga yang berkesinambungan, menanamkan nilai-nilai luhur terhadap budaya dan kear'rfan okat,” jelasnya. Dede mengharapkan melalui kegiatan terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari, mempertahankan dan meningkatkan kerjasama di bidang pembangunan antar daerah perbatasan sehingga tercipta pemerataan pembangunan di kabupaten/kota wilayah perbatasan Jawa Barat dan JawaTengah (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)