Presiden Buka Rakornas Indonesia Maju Bersama Seluruh Forkopimda

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan diantaranya Ketua DPRD Nuzul Rachdy, SE, Kapolres Kuningan AKBP. Iman Setiawan, S.IK, Dandim 0615 Kuningan Letkol. Inf. Daru Cahyadi Soeprapto, SIP dan Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan Luchterin Tedjo Sunarno, SH., M.Hum menghadiri Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat dan Forkopimda se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Presiden RI Ir. H Joko Widodo secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional Rakornas dengan tema “Sinergi Pelaksanaan Lima Prioritas Pembangunan Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Maju,”.

Dalam sambutannya Presiden menyampaikan bahwa Rakornas ini merupakan pertemuan terlengkap yang dihadiri unsur pemerintah baik pusat maupun daerah, dengan harapan agar pemerintah pusat dan daerah bisa bersinergi dengan baik demi menyukseskan agenda besar bangsa Indonesia.

"Saya ingin agar semuanya bisa sambung satu garis dari pusat sampai ke daerah mengenai pokok pikiran visi misi Indonesia Maju mengenai 5 program prioritas pembangunan nasional diantaranya yaitu pembanganan sumber daya manusia, infrastruktur, penyerderhanan regulasi, reformasi birokrasi, transformasi ekonomi,” ungkap Presiden.

Sambung Presiden bahwa mengelola negara sebesar negara kita Indonesia ini tidaklah mudah, beda dengan negara-negara lainnya, dengan jumlah penduduk sekarang mencapai 267 juta, terbagi dari 17 ribu pulau, beragam budaya, suku, agama, juga semakin kompleksnya kita mengelola negara sebesar Indonesia ini.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan bahwa rakornas ini dihadiri oleh 2.693 peserta yang terdiri atas kepala daerah, DPRD, kepolisian, kejaksaan, dan TNI.

“Seperti diketahui, saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 lalu, Presiden Jokowi menyampaikan lima visi besar yang akan dikerjakan dalam pemerintahannya lima tahun ke depan bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Untuk itu, acara ini digelar dengan tujuan untuk menegaskan visi Presiden dan Wakil Presiden serta menyamakan persepsi visi pembangunan pemerintah pusat dan daerah, maka dari itu diharapkan adanya sinergi antara pusat dan daerah dan kesamaan visi dengan tujuan untuk membangun Indonesia yang makin maju ke depan," kata Tito.

Rakornas ini juga turut di hadiri oleh 35 menteri dan kepala lembaga negara yang menjadi narasumber dalam rapat kerja nasional Kementerian Dalam Negeri tersebut yang terbagi dari 8 panel.

Sementara itu Bupati Kuningan mengapresiasi terhadap pelaksanaan rakornas ini, dalam rangka mengsinergikan mengenai arah kebijakan yang disampaikan oleh presiden, wakil presiden serta para menteri yang telah memaparkan materi yang tentunya bermanfaat untuk menyukseskan keberhasilan lima program prioritas pembangunan nasional dalam rangka untuk mewujudkan Indonesia Maju.