Indonesian English

Presiden Joko Widodo Tinjau Pembangunan Bendungan Kuningan

Kategori: 
Presiden Joko Widodo Tinjau Pembangunan Bendungan Kuningan

Presiden RI Joko Widodo meninjau pembangunan bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Jumat (25/5/2018). Bendungan yang mulai dikerjakan pada tahun 2015 itu ditargetkan akan selesai pada akhir tahun ini. Bendungan ini dibangun untuk mengairi lahan pertanian kurang lebih 3 ribu hektare sawah masyarakat dan sumber air baku bagi daerah sekitar.

Presiden Joko Widodo, menyatakan bendungan Kuningan seluas 221 hektare yang dibendung yakni Sungai Cikaro, anak sungai Cijangkelok diharapkan nantinya bisa mengairi 3 ribu hektare sawah dan juga akan menjadi air baku kurang lebih 300 liter per detik untuk 300 ribu KK baik di Kabupaten Kuningan Jawa Barat maupun Brebes Jawa Tengah. Saat ini, bendungan yang dibangun dengan anggaran sekira Rp500 miliar itu berada dalam tahap penyelesaian akhir di mana pemerintah juga sedang membangun perumahan khusus bagi ratusan warga yang terdampak pembangunan bendungan ini.

Presiden Joko Widodo mengatakan, dirinya telah bertemu dengan sejumlah warga tersebut dan relokasi dapat dilakukan dengan baik. "Saya sudah ketemu juga dengan masyarakat yang akan dipindahkan. Intinya tidak ada masalah," ucapnya.

Dalam acara yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa pihaknya telah membangun 100 rumah dengan tipe 36 untuk kepentingan relokasi ini. Kebutuhan rumah relokasi sisanya akan dibangun pada tahun ini juga sesuai dengan kesiapan lahan dari pemerintah Kabupaten Kuningan. "Ada KK yang direlokasi dari daerah genangan sini dan yang sudah ditempatkan di dua lokasi ada 100 rumah tipe 36. Kami ke sana bagus sekali, Pak Presiden mau ke sana tapi waktunya terbatas. Jadi sudah ada 100 rumah yang ditempati oleh warga. Sekarang pemerintah kabupaten sudah menyiapkan lagi lahannya untuk bisa kita bangun tahun ini juga," ucap Basuki.

Menurut Basuki, bendungan Kuningan ini selain bermanfaat untuk irigasi dan sumber air baku, nantinya juga dapat digunakan untuk pengendalian banjir di Kabupaten Kuningan dan lokasi wisata. Adapun pihaknya menargetkan agar bendungan ini selesai pada Desember 2018. "Saat ini perkembangannya sudah sampai tahap 80 persen dan direncanakan bisa kita selesaikan insyaallah Desember 2018 ini," tuturnya.

Dalam peninjauan ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Imam Santoso, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar.

 

Sholat Jumat di Masjid Agung Syiarul Islam.

Seusai meninjau bendungan Kuningan Presiden Joko Widodo bersama melaksanakan sholat jumat di Masjid Agung Syiarul Islam Kabupaten Kuningan. Sekitar pukul 11.37 menit rombongan kepresidenan tiba di masjid kebanggaan masyarakat Kuningan, Jokowi disambut oleh Ketua DKM Syiarul Islam Yayan Sofyan dan Pj. Sekda Dadang Supardan.

Ketika tiba di halaman mesjid Jokowi langsung menyalami Yayan dan Sekda Dadang Supardan dengan senyuman khas Presiden yang terkenal merakyat tersebut. Selanjutnya Presiden yang didampingi beberapa menteri kabinet kerja langsung memasuki kantor DKM Syiarul islam dan mengambil air wudhu serta langsung memasuki masjid untuk melaksanakan sholat.

Jokowi tampak berada di Shaf pertama tepat dibelakang imam, beliau tampak khusyu mendengarkan ceramah serta melaksanakan sholat jumat. Selesai sholat jumat jokowi menyapa warga yang melaksanakan sholat jumat, wargapun tampak larut dalam kebersamaan dengan pemimpinnya yang tampak terus memberikan senyuman untuk warganya.

Satu persatu warga disalami Jokowi, bahkan sesekali Jokowi memanggil warga yang meminta untuk berfoto dengannya. Kesibukan terlihat dari para pengawal kepresidenan, beberapa kali mereka terpaksa harus mendorong warga karena terlalu dekat dengan presiden, hal itu dilakukan karena memang tugas yang mengharuskan mereka menjaga keamanan presiden selama dalam dinas, tidak tampak lelah dari wajah para pengawal kepresidenan, sesuai dengan moto mereka setia dan waspada, mereka harus tetap menjaga presiden dalam keadaan aman dimanapun. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)*

 

Plt Bupati Sambut Kunjungan Presiden Joko Widodo

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kuningan, Dede Sembada, menyambut kehadiran Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Kuningan yang melakukan kunjungan diantarana meninjau pembanguan Waduk Cileuweung di Desa Randusari Kecamatan Cibeureum dan Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat, di GOR Ewangga Kuningan, Jumat (25/8/2018).

Sebanyak 2500 sertifikat tanah yang diserahkan diantaranya untuk Kabupaten Majalengka 500, Kuningan 700, Indramayu 500, Kabupaten Cirebon 500 dan Kota Cirebon 250. Plt Bupati Dede mengharapkan, kehadiran Presiden Joko Widodo di Kabupaten Kuningan berdampak terhadap perhatian pemerintah RI untuk mendukung kemajuan pembangunan di Kabupaten Kuningan pada masa yang akan datang.

“Kehadiran bapak saat ini bagaikan setetes air penghilang dahaga kami yang sudah hamper tiga tahun mengharapkan kehadiran bapak Presiden di Kabupaten Kuningan,” kata Plt Bupati Dede Sembada, dalam sambutannya. Menurut Dede Sembada, masih ada yang perlu dibantu dan didukung oleh Pemerintah RI. Diantaranya penyelesaian penyelesaian Waduk Kuningan termasuk relokasi rumah warga yang terdampak bendungan, Pembangunan Kebun Raya Padabeunghar (KRK) dan pelebaran jalan poros tengah serta relokasi, Kutaagug-Cilacap-Subang-Selajambe-Cipasung.

Pembangunan Waduk Kuningan. jika sudah beroperasi, sangat bermanfaat salah satunya memasok air ke sawah-sawah di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat 1.000 hektare dan kabupaten brebes provinsi jawa tengah 7.000 hektare. “Meskipun bendungan ini letaknya ada di Kabupaten Kuningan, tapi dimanfaatkan lebih besar untuk warga Kabupaten Brebes. tidak hanya untuk pengairan sawah, bendungan Kuningan juga bisa dimanfaatkan sebagai penyedia layanan air baku sebesar 300 liter per detik untuk perusahaan daerah air minum (pdam) di kabupaten kuningan. dan tidak menutup kemungkinan, bendungan diberdayakan sebagai tempat penghasil sumber listrik serta dapat dioptimalkan sebagai kawasan wisata di kabupaten kuningan dan sekitarnya.

Pembangunan Waduk Kuningan buah kerjasama antar daerah yang diwadahi dalam kerangka BPKAD (Badan Kerjasama Antar Daerah) KUNCI BERSAMA (Kuningan, Cirebon, Ciamis, Cilacap, Banjar, Brebes, Majalengka dan Pangandaran). Sementara itu pembangunan Kebun Raya Kuningan (KRK), berawal dari kepentingan untuk menyelamatkan areal resapan air yang terdapat di belahan utara Kabupaten Kuningan. dalam perjalanannya, kepentingan ini kemudian semakin dipertegas dalam kerangka implementasi Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten konservasi.

Kebun Raya Kuningan dibangun tidak sekadar kebun yang ditanami pohon semata, namun difungsikan sebagai wisata alam yang berorientasi ilmiah (ecotourism). karena itu pembangunan kebun raya kuningan oleh pemerintah pusat akan menjadi sebuah usaha untuk menjaga paru-paru dunia. Pembangunan jalan lingkar timur Kuningan serta pelebaran jalan poros tengah kutaagung-Cilacap-Cileba-Subang-Selajambe-Cipasung, alhamdulillah direspon dengan baik oleh masyarakat salah satu buktinya mereka dengan ikhlas dan sukarela menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jalan tersebut,” paparnya. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)

 

Presiden Jokowi Sholat Tarawih di Masjid Al Istiqomah Cilimus

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan Shalat Tarawih di Masjid Al Istiqomah, Desa Cilimus, Kec. Cilimus, dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Kuningan, Kamis (24/5/2018) malam.

Kehadiran Presiden Jokowi di masjid Pukul 18.50 WIB disambut langsung Plt Bupati Kuningan Dede Sembada. Hadir juga unsur Muspida, Kapolda Jawa Barat serta pejabat lainnya.

Setelah masuk Masjid langsung melaksanakan sholat sunat. Tak lama kemudian diteruskan dengan sholat Isa serta sholat Tarawih. Usai melaksanakan Sholat Tarawih sekitar pukul 19.30 Wib Presiden Jokowi bersalaman di dalam masjid dan bertemu dengan pengurus DKM Al Istiqomah dan para ulama. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)

Presiden Jokowi Sholat Jumat di Masjid Agung Syiarul Islam.
Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat, di GOR Ewangga Kuningan, Jumat (25/8/2018).
Presiden Jokowi Sholat Tarawih di Masjid Al Istiqomah Cilimus