Rakor DKP : Tingkatkan Pembangunan Katahanan Pangan

Rakor Dewan Ketahanan Pangan

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch suganda membuka Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) tahun 2014 pada Kamis (18/09/2014) di Wisma Permata Kuningan. Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat, Kepala Sub Dolog Drive Wil. III Cirebon, para Kepala SKPD yang terkait (pokja Teknis DKP) se-Kabupaten Kuningan, Para camat se-Kabupaten Kuningan, Ketua HKTI Kabupaten Kuningan.
 

Kepala Bidang Program dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kuningan, Ir. Nursyamsi dalam laporannya menjelaskan bahwa rakor Dewan Ketahanan Pangan tersebut mempunyai tujuan untuk meningkatkan sinergitas dan kerjasama Dewan Ketahanan Pangan (DKP) di Kabupaten Kuningan selain itu juga sebagai upaya mempantapkan ketahanan pangan di Kabupaten Kuningan melalui percepatan pencapaian SPM ketahanan pangan Kabupaten Kuningan. “ Kegiatan rakor Dewan Ketahanan Pangan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari unsure Forum Komunikasi Daerah, Kepala Dinas/Badan/ Anggota DKP Kabupaten Kuningan yang merupakan pokja ahli, para camat, unsure HKTI, KTNA, Bulog Wil III Cirebon” kata Ir. Nursyamsi.
 

Narasumber terdiri dari DR. Ir. Dewi Sartika, M.Si (Kepala BKPD Jabar) dengan materi Kebijakan Ketahanan Pangan Prov. Jabar, Drs. Kamil Ganda Permadi, MM (Asisten Daerah Pembangunan/Wakil Ketua Harian DKP Kab. Kuningan dengan materi optimalisasi percepatan pencapian SPM Ketahanan Pangan, Ir. Bunbun Budhiyasa (Kadistan Kab. Kuningan) dengan materi penanganan daerah rawan pangan melalui analisis sistem kewaspadaan pangan dan gizi (SKPG) di Kabupaten Kuningan dan Dede Djunardi, SE, MM ( Uniku/Pokja ahli DKP Kab. Kuningan) dengan materi analisis pengawasan dan pembinaan keamanan pangan kabupaten.
 

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda dalam sambutannya menekankan bahwa maksud dari kegiatan rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) ini yaitu untuk meningkatkan sinergitas dewan ketahanan pangan dalam rangka peningkatan pembangunan ketahanan pangan melalui pelaksanaan pencapaian standar pelayanan minimal ketahanan pangan dan untuk mewujudkan sistem ketahanan pangan yang mandiri di Kabupaten Kuningan.” Dalam kesempatan ini juga saya sampaikan sekaligus mengajak kepada SKPD yang menangani katahanan pangan dan seluruh jajaran dewan ketahanan baik pokja teknis dan pokja ahli untuk bersama-sama melakukan pengkajian terhadap capaian standar pelayanan minimal ketahanan pangan di Kabupaten Kuningan yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat, menuju kemandirian pangan, baik dari segi aspek ketersediaan pangan, baik dari aspek ketersediaan, konsumsi dan distribusinya” kata Bupati Kuningan.
 

Capaian SPM ketahanan pangan Kabupaten Kuningan dalam aspek ketersediaan pangan dan protein Kabupaten Kuningan pada tahun 2013 telah mencapai target SPM sebesar 126% dari target nasional 90 % dan protein sebesar 132 % dari target nasional 90 % tetapi untuk aspek-aspek atau indikator yang lainnya, capaian kita belum tercapai atau masih rendah.
 

“ Dengan kondisi ini tentunya diperlukan adanya upaya-upaya yang kongkrit baik koordinasi dan kerja keras kita dalam meningkatkan ketahanan pangan daerah salah satunya dengan tercapinya SPM ketahanan pangan dalam waktu dekat pada tahun 2015 mendatang, antara SKPD yang menangani ketahanan pangan dan dewan ketahanan pangan, dalam merumuskan pembangunan ketahanan pangan daerah yang menjadi skala prioritas, melaui implementasi dan rencana aksi ketahanan pangan,” kata Bupati Kuningan. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Rakor Dewan Ketahanan Pangan
Rakor Dewan Ketahanan Pangan