Satu Lagi Potensi Wisata di Kuningan

Satu Lagi Potensi Wisata di Kuningan

Sesuai dengan Visinya “ Kuningan Lebih Sejahtera Berbasis Pertanian Dan Pariwisata Yang Maju, Dalam Suasana Lestari Dan Agamis Pada Tahun 2013 “ kini lambat laun mulai dibuktikan. Setelah membangun hutan Kota Bungkirit sebagai wahana pengembangan ekosistem alam dan daerah wisata, kini Kuningan tengah membangun satu lagi wisata alam nan asri yang terletak di sebelah utara Kabupaten Kuningan yaitu Kawasan Wisata Alam Balong Dalem yang terletak di Kecamatan Jalaksana.
Kawasan tersebut merupakan lumbung air bagi masyarakat Kuningan Utara, Pemerintah menampung air tersebut dalam suatu situ atau embung yang kini tengah ditata dan dipadukan dengan wisata penunjangnya seperti Camping Groun, wahana out bond serta area bermain dan tempat untuk bersantai keluarga.
Kabupaten Kuningan memang kaya akan sumber daya alam, oleh karena itu Pemerintah melalui Bupati H. Aang Hamid Suganda, S.Sos yang merupakan sosok yang sangat jeli menggali potensi wisata untuk dikembangkan, mulai menggeliat menaikan dunia pariwisata di Kabupaten Kuningan. Kita lihat saja kini Balong Dalem yang dulunya hanya situ tempat penampungan air kini disulap menjadi suatu kawasan yang benar-benar memberikan nuansa lain.
Perusahaan Daerah Aneka Usaha yang merupakan pengelola dari aset tersebut kini mulai memberikan nuansa lain untuk dunia pariwisata di Kabupaten Kuningan. Kedepan PDAU akan mengembangkan kawasan tersebut menjadi kawasan wisata yang nantinya akan memberikan konstribusi yang positif bagi PAD Kabupaten Kuningan. Memang selama ini dunia wisata Kuningan terkesan jalan ditempat, akan tetapi kedepan dengan adanya PDAU yang nantinya akan menggaet insvestor untuk menanamkan modalnya untuk kemajuan dunia pariwisata di Kabupaten Kuningan.
Bupati H. Aang Hamid Suganda, S.Sos disela-sela meninjau pembangunan Balong Dalem mengatakan, Pemerintah Daerah memang kini tengah serius menyelesaikan berbagai PR yang selama ini belum bisa memberikan kontribusi bagi PAD, melalui penataan kawasan Balong Dalem ini kedepan diharapkan bakal menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, dan efeknya akan memberikan kontribusi yang positif bagi Pendapatan Asli Daerah.
Seperti kita ketahui bersama Kuningan merupakan suatu daerah yang kaya akan sumber daya alam baik air maupun keindahan alamnya, oleh karena itu sangat sayang sekali jika hal ini tidak bisa kita manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. “Efek dari pembangunan tempat wisata ini kan sangat luas, nantinya masyarakat sekitar bisa berdagang baik makanan mupun cendera mata sehingga pendapatan masyarakat juga akan meningkat, jadi secara ekonomis hal ini bisa menguntungkan berbagai pihak baik masyarakat maupun Pemerintah,” jelas Aang. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).