Sekda dan Ketua DPRD Kuningan ikuti Wisuda P3DA XI

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Purn Agus Widjojo secara resmi menutup Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) XI bertempat di Ruang Dwi Warna Gedung Panca Gatra, Senin (7/12/2020). Panitia Lemhanas menyatakan bahwa P3DA XI dilaksanakan selama 2,5 bulan dan dilaksanakan dengan metode daring, mulai 27 September sampai 7 Desember. Pelaksanaan pendidikan berjalan dengan baik, lancar, dan sesuai dengan rencana. Sebanyak 26 peserta dinyatakan lulus dan menerima ijazah, termasuk di antaranya Dr. H. Dian Rahmat Yanuar, M.Si, Sekda Kuningan dan Nuzulrachdi Ketua DPRD Kabupaten Kuningan.

Proses belajar alumni P3DA XI adalah untuk memantapkan wawasan pengetahuan dan sikap mental para alumni dalam memimpin masyarakat di daerah,” jelas Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dalam amanatnya Agus menyampaikan harapannya agar materi-materi yang telah diberikan dapat memperkaya pengetahuan dan memecahkan persoalan-persoalan di daerah. Tidak lupa Agus juga berpesan bahwa para Alumni P3DA XI yang merupakan pimpinan daerah atau lembaga, baik sipil maupun militer, harus mampu menjadi pemimpin yang bermoral, beretika, dan paham tentang wawasan kebangsaan serta mampu mengatasi permasalahan di daerah.

Dian Rachmat Yanuar menyampaikan rasa syukur bahwa dirinya diberi kesempatan baik mengikuti Program P3DA ini dan berhasil lulus dengan nilai memuaskan. Dian berharap dengan bekal wawasan yang telah diberikan selama dua setengah bulan, dirinya mampu mengimplementasikan seluruh ilmu pengetahuan dan wawasan yang diperoleh selama pendidikan melalui pemahaman dan cara berpikir yang komprehensif, integral, holistik, dan sistemik. “Bekal tersebut akan menjadi acuan dalam penyusunan berbagai kebijakan dan mencari solusi permasalahan sesuai dengan spesifikasi daerah masing-masing,” jelas Dian.

Rasa syukur mendalam benar-benar dirasakan Sekda Kuningan, selain sebagai satu-satunya Sekda di Indonesia yang memperoleh kesempatan ini, Dian juga menjalani 14 hari masa diklat dalam proses karantina mandiri karena sempat dinyatakan positif Covid-19.  Namun ujian tersebut dapat dilaluinya dengan baik, sehingga dirinya mampu menyelesaikan seluruh tugas diklat dengan baik, meski dalam kondisi sakit. “Anugerah ini tidak ada duanya, Allah memberikan saya kemudahan setelah kesulitan. Alhamdulillah, saya sudah sembuh dan diberikan kesempatan untuk mengikuti wisuda P3DA secara langsung. Terima kasih kepada pak Bupati yang telah mengizinkan saya mengikuti diklat ini, serta kepada rekan-rekan atas doa dan dukungannya. Mudah-mudahan setelah lulus, saya mampu memanfaatkan jejaring kerja yang bermanfaat dalam pengabdian saya bagi keutuhan dan kesatuan bangsa, dan bagi pembangunan Kuningan, khususnya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan terpisah Nuzulrachdi menyampaikan kebanggaannya dapat terpilih menjadi peserta P3DA Lemhanas RI. “Alhamdulillah, saya dan Pak Dian dapat menyelesaikan kegiatan ini dengan baik. Saya merasa bangga luar biasa dapat mengikuti kegiatan ini karena memperoleh banyak pengetahuan dari narasumber yang qualified kaliber nasional.  Meski dilakukan secara daring, tidak mengubah esensi dari bobot materi kegiatan ini.  Tugas-tugas yang harus diselesaikan setiap hari benar-benar berat, tetapi saya mampu melaluinya dan makin mengasah wawasan saya pribadi dari mulai pemahaman wawasan nusantara, nilai-nilai kebangsaan, penyusunan kebijakan terkait kebencanaan, dan banyak lagi hal lainnya. Harapan saya semoga saya mampu mengimplementasikan ilmu serta pengalaman yang saya dapatkan dari P3DA Lemhanas dalam mengimplementasikan kebijakan di daerah,” jelasnya. (Bid/IKP/Diskominfo)