Sekda : Dengan SIKP, KUR diharapkan Tepat Sasaran

Kategori: 

KRAMATMULYA,- Dalam rangka memaksimalkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) agar tepat sasaran, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kuningan menggelar kegiatan Fasilitasi Data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), Selasa (25/02/2020) di Lembah Ciremai Resturan, Kramatmulya-Kuningan.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon itu, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr.H.Dian Rachmat Yanur, M.Si, dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dr.Deni Hamdani, M.Si, Kabag Perekonomian dan SDA, Dr.H.Toto Toharudin, M.Pd serta diikuti sejumlah pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Kuningan.

Sekretaris Daerah Kab.Kuningan, Dr.H.Dian Rachmat Yanuar, M.Si, saat membuka kegiata tersebut mengemukakan, dengan adanya aplikasi SIKP akan mempermudah informasi tentang akses pembiayaan bagi pelaku usaha kecil, mikro dan koperasi yang bersifat legal. Sehingga kedepan, sambungnya, penyaluran bantuan pembiayaan berupa KUR akan tepat sasaran.

"Program SIKP ini merupakan Data Base Online (Basis Data) yang menyediakan calon debitur dari UMKM yang terpercaya dan dapat dijadikan rujukan bagi Bank penyalur KUR. Sehingga nantinya diharapkan efektif, dan tepat sasaran dalam penyaluran kreditnya," jelas Sekda.

Selanjutnya, kepada para peserta Sekda menghimbau, dalam pengajuan KUR, terlebih dahulu pelaku UMKM menyampaikan ke Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Kuningan untuk di input dalam program SIKP, sehingga para debitur dapat mudah diakses oleh Bank penyalur KUR.

"Disamping itu saya berharap, dalam pengajuan modal usaha hendaknya hati-hati, perhatikan siapa pemberi kredit. Karena sekarang ini menjamur pinjaman online dan penawaran investasi bodong," imbuhnya.

Dengan terintegrasinya program KUR dan SIKP, Sekda berharap dapat menopang kemajuan dan perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah, sehingga akan tumbuhnya perekonomian di Kabupaten Kuningan yang akan berdampak pada peningkatan angka kesejahteraan masyarakat. (yudi/Bid IKP/Diskominfo)