Sekda Kuningan Buka Pelatihan IGOS ( Indonesia Go Open Source )

Sekda Kuningan Buka Pelatihan IGOS ( Indonesia Go Open Source )

Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si, secara resmi membuka Pelatihan Indonesia Go Open Source (IGOS) Tahun 2011 yang dilaksanakan di Wisma Permata Kuningan pada hari Selasa (25/11), dengan instruktur dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kepala Diskominfo Kabupaten Kuningan, H. Suraja, SE., M.Si, melalui Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi, Dra. Wetty Sri Sulistiani, menyatakan Indonesia Go Open Source (IGOS) adalah sebuah semangat gerakan untuk meningkatkan penggunaan dan pengembangan perangkat lunak sumber terbuka di Indonesia. IGOS dideklarasikan pada 30 Juni 2004 oleh 5 kementerian yaitu Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Departemen Pendidikan Nasional.
“ Maksud pelatihan ini adalah mensosialisasikan Open Source Software serta membimbing para operator dan atau pengentri data di SOPD dalam mengelola web, sedangkan tujuannya adalah percepatan program e-government di Kabupaten Kuningan melalui pemanfaatan open source, penghematan anggaran dalam pengadaan lisensi,” kata Dra. Wetty. Sedangkan peserta pelatihan terdiri dari para operator dan atau pengentri data di SOPD dan Bagian pada Setda yang berjumlah 144 orang dan dibagi dalam 3 hari pelatihan.
Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan IGOS ini berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 06 Tahun 2001 Tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia dan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-government. Kebutuhan akan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan semakin mendesak dan terus meningkat setiap waktu seiring dengan berkembangnya teknologi. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menjadi teladan bagi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan mulai menerapkan penggunaan open source software untuk mendukung terciptanya sistem komputerisasi pemerintahan yang baik guna terciptanya good governance.
Selain itu juga Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si mengharapkan agar hal itu bisa dilaksanakan secara rutin dan terpublikasi luas di masyarakat. Media yang memungkinkan untuk itu adalah website karena untuk memperbaharui data setiap saat bisa dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah yang bersangkutan, jadi saya harap setiap Organisasi Perangkat Daerah mempunyai subdomain sendiri yang terhubung dengan web resmi Pemerintah Kabupaten Kuningan. “ Ada satu hal yang ingin saya pesankan kepada para peserta pelatihan yaitu bahwa marilah kita mulai bekerja dengan diawali niat yang bersih sehingga Insya Allah apapun yang kita laksanakan selalu diberkahi Allah Subhanahuwataala,” pinta Sekda. ( Sumber : Diskominfo Kabupaten Kuningan ).