Indonesian English

Sukses Meningkatkan Pengarusutamaan Gender, Kuningan Sabet Penghargaan APE Ketiga Kalinya

Kategori: 

Kabupaten Kuningan berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018 Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA), sementara 2 tahun sebelumnya (2016 dan 2017) Kuningan meraih APE untuk Kategori Pratama.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise kepada Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, bertempat di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia bertepatan dengan peringatan Hari Bela Negara yang jatuh pada hari Rabu (19/12/2018).

Sebelumnya penghargaan APE 2018 rencananya akan diserahkan pada peringatan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 desember. Penghargaan APE merupakan bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Di tempat yang sama, Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise secara simbolis memberikan penghargaan APE 2018 kepada 9 (sembilan) Kementerian/Lembaga, 22 Pemerintah Provinsi dan 159 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

“Sejak 2004, Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG). Hal ini dilanjutkan dengan pemberian penghargaan APE yang terdiri dalam 4 (empat) kategori, yakni kategori Pratama, diberikan kepada 2 Provinsi dan 44 Kabapaten/Kota; kategori Madya, diberikan kepada 1 Kementerian, 8 Provinsi dan 75 Kabupaten/Kota; kategori Utama, diberikan kepada 1 Kementerian, 8 Provinsi dan 36 Kabupaten/Kota; serta kategori tertinggi Mentor diberikan kepada 6 Kementerian/Lembaga, 4 Provinsi dan 4 Kabupaten/Kota,” ungkap Menteri PPPA, Yohana Yembise saat memberikan penghargaan APE 2018 di Jakarta.

“Melalui pemberian penghargaan APE ini diharapkan semakin memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua. Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia. Harapan kami semua stakeholder dapat bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu membahu mengemban mandat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas,” papar Menteri Yohana.

Sementara itu Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh SKPD dan stake holders yang telah berupaya meningkatkan kualitas program pengarusutamaan gender. "Apresiasi dan terima kasih kepada seluruh SKPD dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pengarusutamaan gender sehingga Kabupaten Kuningan meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Ini adalah hasil kerja keras bersama seluruh SKPD, stakeholders dan masyarakat. Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja kita sehingga program pembangunan pengarusatamaan gender akan meningkat dalam rangka mewujudkan Kuningan MAJU (Ma'mur, Agamis dan Pinjunjul)" kata Acep.

"Penghargaan ini juga merupakan bentuk apresiasi Kementerian kepada Pemkab dan seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan yang telah berupaya meningkatkan kualitas program pengarusutamaan gender." tutup Acep.