Tour De Linggarjati (TDL) 2019 Siap Digelar

Kategori: 

Tour de Linggarjati (TdL) 2019 siap digelar, seluruh destinasi wisata keren di Kuningan siap menyapa setiap tamu yang datang. Bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan, pada Selasa (10/9), jajaran panitia Tour De Linggarjati dan Pemkab Kuningan menggelar konferensi pers perhelatan TdL 2019.

Ketua Panitia, Drs. Agus Sadeli, M.Pd menyampaikan bahwa secara umum Kabupaten Kuningan siap menerima para atlet sepeda dari berbagai klub di Indonesia maupun mancanegara. Rute yang akan dilalui pun sudah hampir seluruhnya diperbaiki sehingga jalan yang dilalui menjadi mulus dan aman untuk dilalui sepeda dengan kecepatan tinggi.

Tak hanya itu, pendukung acara yang turut memeriahkan acara ini, juga telah disiapkan untuk menyambut para atlet dan official. Selain tampilan seniman asal Kuningan, kegiatan Tour De Linggarjati juga akan dimeriahkan dengan Kuldesak (Kuliner Dewi Sartika) dan Festival Tour de Linggarjati yang akan menampilkan produk untuk pehobi sepeda.

Tak hanya itu, para penggemar hobby fotografi juga bersiap-siap memeriahkan acara melalui kegiatan Lomba Foto Tour De Linggarjati. Sebagai daya tarik bagi para wisatawan yang akan meyaksikan TDL, akan disuguhkan kebudayaan dari berbagai desa yang dilalui oleh jalur TDL, serta masyarakat dengan sukarela akan menyediakan warung amal dengan menyajikan makanan khas tiap desa. Dalam event Fun bike bahkan panggung utama siap dimeriahkan oleh artis-artis ibukota, seperti Hesty Klepek, Alif Aulia – Lida, Dimas Tedjo – Lida, dan lain sebagainya. 

Pada press conference tersebut, Wakil Bupati H.M. Ridho Suganda menyampaikan bahwa dirinya sebagai pimpinan daerah, cukup berbangga hati di antara keterbatasan sumber daya, Kuningan mampu menyelenggarakan event internasional secara konsisten dan berjalan dengan lancar. Animo peserta dan penonton tidak pernah surut dari tahun ke tahun untuk mengikuti kegiatan ini.

Wakil bupati berharap kegiatan ini akan mampu mendongkrak kunjungan wisata serta pembangunan di bidang kepariwisataan di Kabupaten Kuningan. Sebagai core bussines daerah, pariwisata Kuningan memang cukup menjanjikan, hanya dibutuhkan kreativitas dan re-packaging potensi wisata yang sudah ada.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah, DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si menekankan bahwa buah manis dari kegiatan ini akan dirasakan oleh masyarakat dalam hal perputaran roda ekonomi. Konsistensi selama 5 kali pelaksanaan makin menguatkan dukungan tidak hanya dari Kemenpar RI, tapi juga dari Kemenpora RI. Bahkan setelah berkesempatan bertemu langsung dengan Gubernur Jawa Barat, Pemprov Jabar akan menetapkan Kuningan sebagai lokasi setiap kejuaraan sepeda yang digelar di Jawa Barat.

“Jika kepercayaan pihak luar sedemikian besarnya untuk Kuningan, saya berharap warga Kuningan juga dapat menangkap hal tersebut sebagai peluang untuk berkembang. Jadilah tuan rumah yang baik”. Mengakhiri pernyataannya, Dian juga menyampaikan permohonan maaf jika aktivitas rutin warga sedikit terganggu dengan adanya perhelatan ini.

Adapun rangkaian kegiatan Tour De Linggarjati adalah :

  1. Hari Kamis, 12 September 2019
    • Technical Meeting : Waktu: Pkl. 15-00 s.d. 16.00.
      Tempat  : Aula Pandapa Paramarta Kuningan.
    • Welcome Party : Waktu : Pkl. 18.00 s.d. 21.00.
      Tempat : Grand Cordela Hotel Kuningan
  2. Hari Jum’at, 13 September 2019
    1. Kirab PESERTA :   
      Start : Pukul 06.00 dari Depan Toko Istana Motor Jalan Siliwangi
      Finish : Lapang Sepak Bola Desa Mandirancan Kec. Mandirancan.
      Jarak tempuh : ± 25,6 Km
    2. Individual Time Trial (ITT):
      Start : Pukul 08.00 dari Lapang Sepak Bola Desa Mandirancan
      Finish : Kebun Raya Kuningan Kec. Pasawahan.
      Jarak tempuh : ± 12 Km;
    3. City Tour
      Waktu : Pukul 13.00 s.d. 17.00
      Tujuan : Kebun Raya Padabeunghar (KRK), Telaga Biru Cicerem,  dan  Cagar Budaya Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur.
  3. Hari Sabtu, 14 September 2019
    1. Individual Road Race (IRR) :   
      Start – Finish : Pukul 08.00 s.d. 14.00  Pertokoan Jl. Siliwangi Kuningan
      Dibagi 4 Kategori Putra dan Putri :
      1. IRR Men Youth, Women (Elite, Junior & Youth) serta Men Master B. Jarak Tempuh : ± 30 Km.
      2. IRR Men Junior & Men Master  A. Jarak Tempuh : ±48,2 Km
      3. IRR Men Elit. Jarak Tempuh : ± 103,3 Km 
    2. BMX Freestyle Competition :
      Start : Pukul 08.00  s.d. 14.00  -   Lokasi : Jl. Siliwangi depan Mesjid Syiarul Islam Kuningan
    3. Pembukaan KULDESAK (Kuliner Dewi Sartika Kuningan dan Pameran TDL
      Pukul 19.00 – Selesai, Tempat : jalan Dewi Sartika - Taman Kota.
  4. Hari Minggu, 15 September 2019
    1. Criterium :
      Start – Finish : Pukul 08.00 s.d. 14.00 di Pertokoan Jl. Siliwangi Kuningan,
       Jarak Tempuh  : ± 2,5 Km (ditempuh dengan beberapa kali lap / putaran sesuai kategori usia)
    2. Fun Bike   :
      Start : Pukul 07.30 di Pertokoan Jl. Siliwangi Kuningan
      Finish : Pos Polisi Taman Kota. Jarak Tempuh : ± 16,7 Km
    3. Festival TDL & Festival KULDESAK (Kuliner Dewi Sartika Kuningan)
      Tgl 13 – 15 September 2019. Lokasi : sepanjang Jalan Dewi Sartika Kuningan.

     

Sampai hari ini telah terdaftar peserta sejumlah 401 orang.  Peserta selain dari Indonesia, juga hadir peserta dari Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja, Rusia, Jerman, Slovenia, Iran dan Spanyol.  Sedangkan, untuk Fun Bike peserta terdaftar mencapai kurang lebih 4000 peserta dari 170 club dan BMX free style diikuti 70 peserta.