TP PKK Kabupaten Kuningan Lakukan Kunjungan Kaji Banding Ke TP PKK Kabupaten Ciamis

Kategori: 

KUNINGAN – Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan melaksanakan kegiatan Kunjungan Kaji Banding ke Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis, Selasa (14/01/2020).  Rombongan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan dipimpin langsung Ketua, Hj. Ika Acep Purnama dan Wakil Ketua, Hj. Yuana Ridho Suganda, dan diikuti oleh seluruh pengurus dari masing-masing pokja.

Bertempat di Aula Pendopo Kabupaten Ciamis, Rombongan diterima langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati, didampingi Wakil Ketua 1, Gita Yana dan Wakil Ketua 2, Hj. Asep Sudarman. Beserta jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati, mengucapkan selamat datang di Kabupaten Ciamis. Ia merasa sangat bangga dapat dipercaya dijadikan tempat untuk Kaji Banding. Selanjutnya pemaparan selayang pandang seputar Kabupaten Ciamis.

“Keberhasilan-keberhasilan yang diraih oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis tidak dapat terwujud tanpa adanya kerja keras para pengurusnya. Kedepan kami juga akan menyempatkan berkunjung ke Kabupaten Kuningan untuk melakukan kaji banding dan bertukar ilmu apa yang belum kami miliki disini,”paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan menghaturkan terima kasih telah diterima dengan sangat baik di Kabupaten Ciamis. Tujuan dari kunjungan kaji banding yakni menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa di dapat secara teknis real dan empiris. Untuk dijadikan barometer dan pembanding yang kemudian masuk untuk menemukan sebuah pembaharuan yang aplikatif, baik untuk plan ke depan, dalam jangka pendek dan jangka panjang secara futuristic.

“Melihat dan mendengar PKK Desa Situmandala telah berhasil mendapatkan penghargaan terbaik tingkat Provinsi. Menjadikan alasan kami TP PKK Kabupaten Kuningan untuk melihat, bertukar pikiran dan bersilaturahmi. Semoga ilmu yang di dapat dari kunjungan ini menjadi manfaat bagi kita semua. Dan menjadi awal yang baik bagi kami untuk memulai melakukan aktifitas,”terang Ika.

Adapun jadwal Kunjungan Kaji Banding Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan Ke Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis diantaranya, mengunjungi TP PKK Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Rombongan diterima oleh Camat Rancah, Heri Heriyanto, Kepala Desa Situmandala, Dadang Ruskandar, Ketua TP PKK Desa Situmandala, Eti Daeti, beserta pengurus dan masyarakat umum.

Dipandu oleh Ketua TP PKK Desa Situmandala, rombongan diajak berkeliling melihat Posyandu Multifungsi Permata di Dusun Tarikolot yang berhasil meraih penghargaan terbaik di tingkat Provinsi. Diskusi pun terjadi sangat menarik dan saling bertukar pikiran diantara masing-masing pokja.

Selanjutnya, rombongan TP PKK Kabupaten Kuningan bergegas melanjutkan kunjungannya ke Kampung KB Mandiri Magot (Masyarakat Gotong Royong) Dusun Pasirpeuteuy Desa Pawindan Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Kampung KB tersebut pernah di berikan penghargaan tingkat Provinsi dan Nasional.

“Keberhasilan ini menjadikan alasan TP PKK Kabupaten Kuningan untuk menimba ilmu dan bertukar pikiran, serta melihat langsung apa saja yang bisa dikolaborasikan untuk diterapkan menjadi program unggulan. Satu program yang sangat mencuri perhatian kami adalah, Program KPO (Kelompok Pertemuan Orang Tua) didalamnya membahas tentang bagaimana menangani permasalahan sampah,”pungkas Ika. (Bid-IKP/Diskominfo)