Wabup : “Pepeling” Komitmen Bersama Muwujudkan Kabupaten Konservasi

KUNINGAN,- Peran serta masyarakat Kabupaten Kuningan dalam upaya menjaga dan memelihara lingkungan, merupakan komitmen bersam dalam mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi. Kepedulian masyarakat dalam mengelola dan memelihara lingkungan dapat dilakukan melalui kegiatan penghijauan, salah satunya dengan Program Pengantin Peduli Lingkungan (Pepeling).

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Program Pepeling di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Rabu (25/11/2020) di Ruang Rapat Purbawisesa Setda Kuningan.

Selanjutnya dikatakan Wabup, Kerusakan lingkungan di Kabupaten Kuningan telah menimbulkan bertambahnya lahan-lahan kritis yang kurang/tidak produktif, sebagai akibat dari pengelolaan lahan yang belum memperhatikan kaidah konservasi tanah dan air. Sehingga perlu dilakukan pemulihan lahan secara baik.

“Salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan secara konseptual dalam memulihkan lingkungan adalah dengan dilaksanakannya program penghijauan. Diharapkan dengan adanya program Pepeling, akan muncul suatu kesadaran kolektif dari masyarakat sekaligus tindakan kolektif dalam membenahi dan mempertahankan kualitas lingkungan agar terjaga dengan baik,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga meminta kerjasama seluruh pihak, khususnya dengan pihak Kementerian Agama, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII, Para Camat, Kepala KUA, dan Para Penyuluh Lapangan, agar program Pepeling bisa digelorakan kembali disetiap kecamatan dan desa.

“Saya juga menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menggelorakan kegiatan penanaman dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) pada Tanggal 28 November 2020 mendatang,” tutupnya.

Melalui kegiatan yang gelar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Kuningan itu, tampak hadir, Kadis LH, Wawan Setiawan, S.Hut., MT beserta jajaran, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, DR. Ukas Suharsaputra, Kepala Kantor Kemenag Kab.Kuningan, Kacab Dinas Kehutanan Wilayah VIII Provinsi Jawa Barat, Para Camat, Para Kepala KUA, dan Para Kepala UPTD Ketahanan Pangan dan Pertanian se-Kabupaten Kuningan. (Bid IKP/Diskominfo)