Wabup Buka Kegiatan Pekan Keterampilan Dan Seni Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar

Kategori: 

Wakil Bupati Kabupaten Kuningan M. Ridho Suganda, SH., M.Si membuka Kegiatan Pentas PAI SD (Pekan Keterampilan Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar) Tingkat Kabupaten Kuningan 2019 yang bertempat di Pondok Pesantren Modern Ainurafiq Desa Panawuan Kecamatan Cigandamekar. Rabu (27/2/2019).

Hadir pada acara tersebut Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Drs. H. Maman Hermansyah, M.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan Dr. H. Hanif Hanafi, M.Si, Ketua PGRI Kabupaten Kuningan Pipin Mansur Aripin, M.Pd, Dewan Pendidikan Kabupaten Kuningan, Ketua KKG PAI SD Kabupaten Kuningan, Camat Cigandamekar, Unsur Muspika Kecamatan Cigandamekar, Serta Kepala Desa Cigandamekar dan Panawuan.

Menurut Wabup Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar yang diselenggarakan setiap tahunnya ini, tidak hanya berorientasi pada kejujuran, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar.

Selain itu merupakan ajang kompetisi dan unjuk kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan lomba tersebut merupakan ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati dan rasa serta pengembangan sikap dan kepribadian siswa, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi serta jadikan sebagai motivasi dalam rangka mencapai tujuan.

Sekaligus Kegiatan ini sebagai wujud dari Visi dan Misi Kabupaten Kuningan MAJU. Kegiatan PENTAS PAI SD ini di ikuti kafilah dari 32 Kecamatan se-Kabupaten Kuningan dengan total 697 siswa Sekolah Dasar yang mengikuti lomba ini. Kegiatan ini diawali dengan arak-arakan yang dimulai dari Balai Desa Panawuan sampai ke Pondok Pesantren Modern Ainurafiq dimana tempat acara pembukaan dilaksanakan.

PENTAS PAI SD ini terdiri dari beberapa jenis kegiatan yang dilombakan, diantaranya Lomba Qosidah, Lomba Cerdas Cermat PAI, Musabaqoh Tilawati Qur’an, Lomba Pidato PAI, Lomba Kaligrafi, Musabaqoh Hifdzil Qur’an, serta Lomba Praktek Kesempurnaan Gerakan dan Bacaan Sholat Fardlu Berjamaah.

“Dengan penuh optimis saya menyambut baik penyelenggaraan Pekan Keterampilan Dan Seni Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Kuningan 2019, ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, belajar bekerjasama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan”, pungkas Wabup.