Wabup Hadiri Pembukaan Turnamen Pencak silat Open SMK Yamsik Kuningan

Kategori: 

KUNINGAN, - SMK Yamsik Kuningan gelar Turnamen Pencak Silat Open, Jum'at (21/02/2020) bertempat di GOR Ewangga Kuningan. Turnamen dibuka oleh Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M. Si. Hadir dalam kegiatan Ketua Pelaksana Syifa Hayati, S.Pd, Ketua Yayasan Yamsik Kuningan H. Encu Sukat W.S, M.A, Ketua IPSI KUNINGAN Dr. Ukas Suharfaputra, SP., MP, Ketua KONI H. Enay Sunaryo, MM.

Ketua Pelaksana Syifa Hayati, S.Pd, dalam laporannya menjelaskan, bahwa Tema Turnamen Pencak silat Open 2 SMK Yamsik Kuningan yaitu melestarikan budaya asli bangsa Indonesia dan menciptakan pesilat tangguh yang bertoleransi, produktif, menghargai perbedaan serta berakhlakul karimah.Adapun maksud dan tujuan, melestarikan dan menumbuh kembangkan pencak silat sebagai unsur budaya bangsa, warisan leluhur bangsa Indonesia. Waktu pelaksanaan kejuaraan dilaksanakan dari hari Jum'at sampai Minggu tanggal 21 sampai 23 Februari tahun 2020. Untuk jumlah peserta jumlah Kontingen 57, jumlah peserta SMA 192, jumlah peserta SMP 198, jumlah peserta SD 187 , jadi total peserta sebanyak 577 .

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M. Si menuturkan syukur Alhamdulillah, kita diberikan kenikmatan sehat walafiat sehingga kita bisa menyelenggarakan kegiatan ini dengan penuh semangat dan juga penuh motivasi. Karena ini merupakan sebuah ajang dimana kita bisa menunjukan dan juga bisa melaksanakan Pertandingan yang biasanya kita laksanakan. Kita bertanding kita latihan terus sekarang diberikan kesempatan untuk bisa menunjukkan kehebatan kita masing-masing sehingga kita bisa mengasah dan juga menjadikan tolak ukur batas kemampuan kita dan juga sejauh mana kita harus terus mengoptimalkan diri kita untuk jadi yang terbaik.

Wabup mengatakan, saya atas nama pribadi maupun pemerintah sangat berterima kasih kepada Yayasan Yamsik, karena sudah turut serta menyelenggarakan kejuaraan silat. Dan olahraga silat yang menjadi kebanggaan kita di negara kita ini, harus tetap menjadi olahraga di negara kesatuan Republik Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, kadang ada olahraga seni budaya dan sebagainya yang berasal dari Indonesia tapi yang juaranya dari negara lain. Oleh karena itu kita diberikan kesempatan sebagai generasi-generasi selanjutnya untuk bisa terus mengembangkan olahraga silat, karena silat merupakan bukan hanya olahraga beladiri tapi juga merupakan olahraga yang sudah menjadi turun temurun budayanya. Dalam silat ada seninya dan lain sebagainya, silat merupakan olahraga yang kaya dengan kandungan nilai-nilai moral kesopanan saling menghargai dan sebagainya. Oleh karena itu silat juga harus dijadikan sebagai pedoman hidup dan beruntunglah Adek adek sekarang bergabung dalam silat karena kandungan-kandungan nilainya sangat luar biasa tingginya.

Wabup berpesan, bahwa silat harus tetap menjadi milik bangsa kita jangan sampai kekayaan ini diraih oleh bangsa lain dengan cara mengkerdilkan kita sendiri dan juga mengambil ambil bakat-bakat yang kita miliki. Dan s?kadang-kadang yang namanya atlet kalau sudah berprestasi sudah punya potensi akhirnya silat cabangnya dari Indonesia di pertandingan tingkat nasional, akhirnya diambil oleh negara lain seperti Thailand, kemudian atletnya menjadi warga negara lain hanya karena ingin memenangkan cabang olahraga silat di event-event internasional. "Saya harap nanti yang setelah mengikuti kegiatan ini kejuaraan ini ya kita sama-sama berdoa siapa tahu nanti ke depan ada dari salah satu dari kalian ada yang mewakili bangsa kita di event Sea Games" ucap Wabup. Marilah sama-sama melalui pencak silat ini kita juga bisa menunjukkan bahwa kita sebagai Bangsa bisa mengharumkan bangsa kita melalui olahraga silat.(Bid IKP/DISKOMINFO)