Wabup Ridho : Akhlak Pondasi Utama SDM Berkualitas

Kategori: 

KUNINGAN,- Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan sumber kekuatan negara untuk berkembang dan maju. Untuk menunjang berkembangnya sumber daya manusia harus didasari oleh pendidikan yang memadai. Tanpa adanya pendidikan mustahil sumber daya manusia dapat berproses menjadi lebih baik. Namun pendidikan moral/Akhlak lebih penting karena merupakan pondasi utama bagi manusia.

Demikian ditegaskan Wakil Bupati Kuningan, H.M Ridho Suganda, SH., M.Si saat membuka acara UNIKU Islamic Competition 2020, Jumat (13/03/2020) pagi, di Gedung Studen Center Universitas Kuningan (UNIKU) Jl. Cut Nyak Dien Kuningan. Hadir dalam acara tersebut, ketua MSO Asep Warman, Rektor UNIKU DR.Dikdik harzadi, SE., M.Si, Ketua Lemabaga Dakwah Kampus (LDK) M.abdul aziz, serta sejumlaah peserta.

"Saya sangat mengapresiasi sekali apa yang sedang dilaksanakan pada hari ini, jadi saya berbangga hati karena memiliki sebuah Universitas yang peduli ilmu agama. Karena SDM yang berkualitas pondasi utamanya akan berpulang pada kekuatan akhlak yang bersumber dari kaidah-kaidah ajaran agama," ungkapnya.

Untuk bisa terus mengembangkan Islam di kabupaten Kuningan, dikatakan Wabup, butuh adanya peran serta dan dukungan dari seluruh umat islam. Dengan adanya dorongan dan sinergitas anatara ulama dan masyarakat, sambungnya, visi misi Kuningan sebagai Kabupaten yang agamis bisa terwujud.

"Janganlah lupa bahwa dulu, Bung Karno juga membutuhkan seorang ulama untuk bisa memerdekakan bangsa kita. Jadi inilah yang kita maksud, marilah kita bersama-sama untuk bisa mengembangkan ilmu Islam, ilmu keagamaan untuk menjadikan kabupaten Kuningan yang lebih baik lagi," tuturnya.

Sementara itu, Rektor UNIKU, DR.Dikdik Harzadi, SE., M.Si mengemukakan, kegiatan UNIKU Islamic Competition, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakn setiap tahun oleh LDK. Hal itu, menurut Dikdik, merupakan bukti semangat UNIKU yg sudah berusia 16 tahun.

"UNIKU bukan Universitas Islam tapi terus mendorong berbagai kegiatan yg mengangkat nilai-nilai Islam. diharapkan Mahasiswa UNIKU, lulus bukan hanya membawa bekal ilmu pengetahuan tapi membawa bekal ilmu agama," imbuhnya.

Sebagai Universitas yang terus meningkatkan nilai-nilai Islam, Dikatakan Dikdik, UNIKU memberikan beasiswa penuh bagi para Hafidz Qur'an.

"Untuk yg berkomitmen menjadi penghafal Quran, silahkan daftar ke UNIKU dan nikmati beasiswa penuh tanpa dipungut biaya satu rupiah pun. Selanjutnya. semoga melalui kegiatan ini (red_UNIKU Islamic Competition 2020) bukan semata-mata mendapatkan juara, namun agar nilai-nilai dan syiar Islam terus bergema," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, ketua panitia pelaksana, Noval menjelaskan, UNIKU Islamic Competition 2020 akan diselenggarakan dari tanggal 13 s/d 15 Maret 2020 dengan kegiatan lomba MHQ, lomba Hadroh, dan Seminar Nasional.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, untuk lomba MHQ sebanyak 50 peserta, dan lomba Hadroh sebanyak 27 group. (yudi/Bid IKP/Diskominfo)