Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuningan

Alamat
:
Jalan RE Martadinata - Ancaran 45551
Telp./Fax3
:
(0232) 873969 / 8883042
e-Mail
:
Website
:

PROFIL PIMPINAN

Nama
:
Drs. H. KMS. ZULKIFLI, M.Si
NIP
:
19600621 198903 1 004
Pangkat
:
Pembina Utama Muda
Foto
:

PROFIL LEMBAGA

 

Kepegawaian

  • Keadaan Pegawai Berdasarkan Golongan
No.
Jabatan
Pangkat / Golongan
Jmlh
IV
III
II
I
c
b
a
d
c
b
a
d
c
b
a
a
1 Eselon II
 
1
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
1
2 Eselon III
 
2
2
 
 
 
 
 
 
 
 
 
4
3 Eselon IV
 
 
 
4
3
2
 
 
 
 
 
 
9
4 Pelaksana (PNS)
 
 
 
 
3
6
14
2
4
2
7
1
39
5 Pelaksana (PTT)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
6 Pelaksana (Sukwan)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
9
Jumlah
 
3
2
4
5
8
14
2
4
2
7
1
62
  • Keadaan Pegawai Berdasarkan Pendidikan Formal
No.
Jenis Kepegawaian
S2
S1
D3
SLTA
SLTP
Sd
Jumlah
1
Struktural
4
10
 
 
 
 
14
2
Fungsional
 
 
 
 
 
 
 
3
Pelaksana
 
14
3
21
 
1
39
4
PTT
 
 
 
 
 
 
 
5
Sukwan
 
1
 
6
1
1
9
Jumlah
4
24
3
27
1
2
62

 

Struktur Organisasi

  1. Kepala
  2. Sekretariat
    1. Sub Bagian Umum
    2. Sub Bagian Keuangan
    3. Sub Bagian Program
  3. Bidang Analisis Kepegawaian
    1. Seksi Perencanaan Kependudukan
    2. Seksi Monitoring dan Informasi Kependudukan
  4. Bidang Administrasi Kepegawaian
    1. Seksi Pendaftaran Penduduk
    2. Seksi Pelayanan Dokumen Kependudukan
  5. Bidang Catatan Sipil
    1. Seksi Pelayanan Pencatatan
    2. Seksi Penyimpanan dan Perubahan

 

Visi

 "Terwujudnya Tertib Administrasi Kependudukan melalui Pendaftaran, Analisis, Informasi dan Pelayanan Dokumen Kependudukan"

 

Misi

  1. Melaksanakan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil secara tertib, terpadu dan berlanjut dalam rangka pelayanan masyarakat yang benar, mudah dan cepat;
  2. Melaksanakan kegiatan menghimpun data, menerbitkan identitas dan mensyahkan perubahan status kependudukan ;
  3. Mengembangkan dan memadukan kebijakan pengelolaan informasi hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil melalui teknologi SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan);
  4. Menyediakan data base dan informasi kependudukan secara lengkap, akurat serta memenuhi kepentingan publik dan pembangunan;
  5. Mengembangkan pranata hukum, peran serta masyarakat yang mendukung proses pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil serta pengelolaan informasi kependudukan guna memberikan kepastian dan perlindungan sesuai hak -hak penduduk.

 

Tugas

 Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemrintahan daerah di bidang kependudukan dan Pencatatan Sipil berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan sesuai dengan lingkup tugasnya. 

 

Fungsi

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang kepenududukan dan cacatan sipil;
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintah dan pelayanan umum di bidang kependudukan dan Pencacatan sipil;
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan pencacatan sipil;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Tujuan

  1. Meningkatkan penyelenggaraan tertib administrasi kependudukan;
  2. Meningkatkan akurasi dan validasi data dan identitas penduduk;
  3. Meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan melalui dukungan teknologi informasi;
  4. Meningkatkan akses informasi data kependudukan secara cepat, lengkap, dan akurat;
  5. Meningkatkan kepastian hukum dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan.


PROGRAM KERJA

  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
    1. Penyediaan Jasa Surat Menyurat
    2. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumberdaya Air dan Listrik
    3. Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor
    4. Penyediaan Alat Tulis Kantor (ATK)
    5. Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan
    6. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor
    7. Penyediaan Bahan Bacaan
    8. Penyediaan Makanan dan Minuman
    9. Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi
    10. Penyediaan Jasa Pengamanan Kantor
  2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
    1. Pengadaan Perlengkapan gedung Kantor
    2. Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor
    3. Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas Operasional
    4. Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung/Kantor
  3. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Kegiatan:
    Pembinaan Teknis Wilayah
  4. Program Peningkatan Informasi Pembangunan.
    Kegiatan:
    Pameran Pembangnan Tahunan
  5. Program Penataan dan Pelayanan Administrasi Kependudukan
    Kegiatan:
    1. Peningakatan Pelayanan Publik Dalam Bidang Kependudukan
    2. Pelayanan Pembuatan Akta-akta Pencatatan Sipil
    3. Sosialisasi Penerapan e-KTP
    4. Penerapan KTP Elektronik
    5. Penataan Arsip Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  6. Program Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK)
    Kegiatan:
    Pengembangan Jaringan SIAK