Atlet Ortrad Kuningan Siap Berlaga di Pangandaran

Kategori: 

Pemerintah terus berupaya untuk memelihara dan melestarikan olah raga tradisional (ortrad) dengan berbagai event. Selasa (20/8) Wakil Bupati Kuningan H. M.Ridho Suganda bertempat di Dinas Pemuda dan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan melepas Atlet Ortrad pelajar SD/Sederajat tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Pangandaran.

Wabup mengatakan, olah raga tradisional merupakan jenis olah raga yang didalammnya tidak saja terdapat unsur aktifitas fisik dan unsur permainan rakyat semat, tetapi ada juga unsur seni budaya dan falsafah luhur warisan para leluhur yang harus kita pelihara dan lestarikan demi jari diri bangsa.

Provinsi Jawa Barat yang merupakan Suku Sunda, diterangkan Wabup Kuningan, dikenal sebagai salah satu provinsi yang memiliki banyak jenis dan ragam olahraga tradisional yang tumbuh dan berkembang diberbagai kabupaten/kota, misalnya Benjangan, Dagongan, Hadang, Egrang, Sumpitan, Terumpah Panjang, dan lainnya.

Dengan mengikuti event ini, Wabup mengharapkan, akan tumbuh rasa senang pada jiwa anak-anak sekaligus olah raga turun temurun ini akan tetap bertahan ditengah maju pesatnya permainan yang didukung oleh kemajuan industri teknologi (IT). Sekaligus sebagai penjaringan atlet-atlet yang berpotensial untuk Kabupaten Kuningan yang mampu berlaga di Tingkat Nasional.

“Kepada semua peserta bertandinglah dengan sungguh-sungguh, menjunjung tinggi sportivitas dan fair play, jujur, disiplin, taat pada peraturan dan ketentuan yang berlaku agar mampu bersaing dan menjadi pemenang sejati. Dari pertandingan ini akan tumbuh juga generasi muda yang pantang menyerah, berjiwa besar, dan mampu berkiprah membangun negeri tercinta ini,” ungkapnya.