Indonesian English

BUMDes Sabilulungan Desa Sindangsari Santuni Anak Yatim

Sindangagung,- Sejak dibentuk pada Tanggal 16 Juli 2016, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sabilulungan Desa Sindangsari, Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan terus berinovasi dalam mengembangkan usahanya. Meski terbilang usianya masih seumur jagung, namun BUMDes Sabilulungan telah mampu memberikan kontribusi kepada Pemdes setempat dalam penambahan Pendapatan Asli Desa (PADes) walaupun jumlahnya belum signifikan.

BUMDes Sabilulungan yang dipimpin oleh Ust.Abdul Aziz Muhaimin, yang mengelola usaha  jasa TV Kabel, sejak dibentuk hingga saat ini, sudah memiliki hampir 300 pelanggan yang merupakan masyarakat setempat. Dari setiap pelanggan yang mengunakan jasa TV Kabel nya, setiap bulan dipungut iuran sebesar Rp.12.500.

Selain untuk menambah PADes, BUMDes Sabilulungan, juga menggunakan hasil usahanya untuk mengembangkan usaha dibidang lain seperti usaha dibidang pertanian dan kredit barang kebutuhan masyarakat, selain menyisihkannya untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah satu bentuk kepedulian BUMDes Sabilulungan kepada masyarakat, terlihat saat digelarnya rangkaian kegiatan Haul Desa Sindangsari yang ke-100 tahun dengan memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim, Minggu (8/4/2018) dihalaman kantor desa setempat.

Pimpinan/Direktur BUMDes Sabilulungan, Ust. Abdul Aziz Muhaimin, usai memberikan santunan, kepada Info Kuningan mengatakan, kegiatan sosial pemberian santunan kepada anak yatim di Desa Sindangsari, merupakan bentuk kepedulian BUMDes Sabilulungan kepada masyarakat. Karena menurutnya, tujuan utama dibentuknya BUMDes Sabilulungan adalah untuk kesejahteraan masyarakat.

"Sejak dibentuk pada tahun 2016, Alhamdulillah BUMDes Sabilulungan dari waktu kewaktu terus mengalami peningkatan dalam pengelolaan usaha. Dan bertepatan dengan ulang tahun desa yang ke-100 tahunnya, kami mengadakan kegiatan sosial dengan menyantuni anak yatim. Semoga BUMDes Sabilulungan terus berkembang dalam usahanya sehingga kami bisa menggelar kegiatan sosial setiap tahunnya," tutur Abdul Aziz.

Dalam acara santunan tersebut, tampak hadir Kepala Desa Sindangsari, M.Taupik Abdullah beserta jajaran, tokoh masyarakat, tokoh agama, para pengurus BUMDes Sabilulungan dan masyarakat setempat. (MC Kuningan)