Indonesian English

Dinsos PPPA Latih Kelompok PEKKA Dan Desa Prima

Kuningan,- Sabanyak 34 peserta mengikuti pelatihan kewirausahaan bagi kelompok PEKKA dan Desa Prima, Rabu (11/4/2018) di gedung wanita Kuningan. Acara dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Kuningan, Drs. H.Maman Hermansyah, M.Si, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PP PA) Kab.Kuningan, H.Uus Rusnandar, SH, M.Si dan sejumlah undangan lainnya.

Kabid Pemberdayaan Perempauan Dinsos PPPA Hj. Iin Hartini, S.Sos, M.Si dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok PEKKA dan Desa Prima di Kabupaten Kuningan dalam mengelola usahanya serta meningkatkan usaha kelompok pemberdayaan ekonomi perempuan.

Sementara Asistem Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Maman Hermansyah, M.Si saat memberikan sambutan mengemukakan, bahwa tantangan kehidupan yang kita hadapi cukup berat, kondisi ekonomi secara global berakibat pada tingginya kebutuhan yang harus dipenuhi dan meningkatnya angka kemiskinan.

Melihat kondisi tersebut, dikatakan Maman, pemerintah senantiasa berupaya membuat program-program yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan keluarga guna mengurangi angka kemiskinan. Menurutnya, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang perlu ditingkatkan kesejahteraanya, karena ini merupakan indikator dari kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, salah satu program yang digulirkan pemerintah adalah program peningkatan kulitas hidup perempuan.

“Program ini, merupakan salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan melalui peningkatan usaha ekonomi keluarga yang tergabung dalam kelompok atau perorangan, sehingga secara bertahap diharapkan mampu menjadi wirausaha serta meningkatkan tumbuhnya kegiatan yang bersipat kooperatif, antara lain melalui kelompok Perempuan Kepala keluarga (PEKKA), kelompok prima dan kelompok desa prima,” tuturnya. 

Lebih lanjut Maman mengatakan, pelatihan ini sangat penting dan strategis mengingat untuk peningkatan usaha ekonomi, perempuan perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan yang cukup memadai.“Melalui pelatihan ini saya harapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan bagi ibu-ibu guna lebih meningkatkan dan mengembangkan usahanya,” harapnya.

Ia juga meminta, agar para pesrta bersungguh-sungguh dalam mengiukuti pelatihan, supaya didapat manfaat baik untuk perorangan maupun kelompok. “Manfaatkan modal yang sebelumnya telah diberikan dengan berdisiplin dalam mengelola keuangan dan tertib administrasi, sehingga permodalan bisa terus bergulir degan kelompok lain,” pungkasnya. (MC Kuningan)