Indonesian English

Jumsih dan BBM Wujudkan Desa Peusing Bersih, Tertib dan Indah

Jalaksana,- Dalam rangka memelihara dan meningkatkan Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan (K3) di setiap lingkungan, baik jalan poros desa, pemukiman, gang dan sarana umum lainnya, setiap Jum'at pagi, masyarakat Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, rutin melaksanakan Jum'at Bersih (Jumsih).

Kegiatan tersebut, sudah berlangsung cukup lama dan menjadi bagian dari kehidupan dan kebiasaan masyarakat dari berbagai tingkatan, dengan dipelopori Kades dan perangkat setempat. Berkat kerjasama dan kekompakan seluruh elemen  dalam kegiatan Jumsih, selain bersih, tertib dan indah, tampak terlihat suasana desa juga lebih nyaman.

Kepala Desa Peusing Oom Komariah menuturkan, melalui gerakan jumsih, banyak manfaat yang bisa didapat, baik langsung ataupun tidak langsung. Menurutnya, dengan lingkungan yang bersih akan terbebas dari berbagai wabah penyakit. Selain itu, melalui gerakan Jumsih, seluruh masyarakat bisa lebih mengenal satu sama lain sehingga tali silaturahmi dan kekeluargaan diantara mereka dapat terjalin erat.

"Alhamdulillah seleruh elemen sangat antusias untuk sama-sama berperan aktif dalam setiap kegiatan, termasuk jumsih. Bahkan Karang Taruna memiliki program sendiri yang sudah dilaksanakan sejak lama secara rutin, yaitu Bersih-bersih Mesjid dan Mushola (BBM). Program tersebut mendapat apresiasi dari berbagai pihak termasuk pemdes dan elemen masyarakat lainnya," tutur Oom Komariah, kepada Info Kuningan diruang kerjanya belum lama ini.

Oom menambahkan, pihaknya sangat berterimakasih kepada seluruh masyarakat  atas kesadaran dan partisifasi aktifnya  dalam menjaga dan memelihara lingkungan, karena lingkungan yang bersih akan memiliki dampak positif pada berbagai sisi kehidupan. Dikatakannya, kegiatan Jumsih merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan insan  yang beriman dan bertaqwa.

"Tidak ada kata terlambat untuk berbuat baik, sekecil apapun kebaikan tidak akan pernah hilang dalam catatan kehidupan kita. Termasuk melaksanakan Jumsih yang mendatangkan banyak manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hidup kita akan lebih bermakna manakala apa yang kita perbuat bisa dinikmati  orang lain," pungkasnya. (MC Kuningan)