Indonesian English

BPBD Kaji Kebutuhan Air Bersih Untuk Warga Terdampak Bencana Di Desa Pinara

Kategori: 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, melaporkan perkembangan kondisi terkini penanganan bencana alam khususnya di beberapa desa wilayah Kecamatan Ciniru yakni Desa Pinara, Desa Gunungmanaik, Desa Pamupukan dan Desa Cipedes.

Di Desa Pinara, selain pembukaan akses jalan yang masih dilakukan dengan mengunakan alat berat beko, pos kesehatan BUMN pun masih melayani warga terdampak bencana. Sementara berdasarkan kajian kebutuhan yakni air bersih serta percepatan pembukaan akses jalan.

Selanjutnya, Desa Gunungmanik berdasarkan kajian kebutuhan logistik dan ruang belajar kelas V dan VI. Posko evakuasi masih diberlakukan di desa ini, guna mengantisipasi tingginya curah hujan sehingga warga bisa mengungsi ke sekitar Kantor Pemerintah Desa Gunungmanik.

Sementara di Desa Pamupukan, kini sedang dilakukan penyelesaian pembukaan dua akses jalan yakni akses jalan Desa Gewok-Pamupukan dan akses jalan Cipedes-Pamupukan. Akses jalan Desa Gewok-Pamupukan tertutup longsor susulan, sedangkan Jalan Cipedes-Pamupukan baru bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Kebutuhan logistik untuk warga terdampak bencana di Desa Pamupukan masih cukup terpenuhi. Begitu pula aktivitas masyarakat sudah normal,” kata Kepala BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin. Ia menjelaskan, desa lain yang terdampak bencana di Kecamatan Ciniru yakni Desa Cipedes kini dalam pemantauan tim BPBD. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)