Indonesian English

Dede Sembada: Semua Pihak Berperan Dalam Penanganan Bencana Di Kunimgan

Kategori: 

"Menyikapi bencana yang terjadi di lima wilayah kecamatan beberapa waktu yang lalu, saya kembali menekankan kepada seluruh SKPD di Kabupaten Kuningan untuk terus bergotong royong bersama BPBD dalam menyelesaikan permasalahan ini," kata Plt Bupati Kuningan, dalam amanatnya pada Apel Pagi di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (12/3/2018). Apel pagi diikuti oleh seluruh kepala SKPD, kepala bagian, pejabat eselon IV serta seluruh pegawai lingkup Setda Kabupaten Kuningan.

Dalam penanganan dampak bencana membutuhkan kerja bersama pemerintah daerah dan masyarakat termasuk di dalamnya peran perusahaan swasta mengingat banyak persoalan yang harus segera dibenahi dampak bencana alam di lima wilayah kecamatan. Pelayanan publik di lima kecamatan terdampak bencana harus itu terus berjalan seperti pelayanan pendidikan, kesehatan, administrasi kependudukan, keamanan bagi para pengungsi.

Petugas harus turun langsung untuk memantau perkembangan di masing-masing wilayah terdampak bencana. Begitu pula soal penjagaan bahan kebutuhan pokok dari para donatur yang sudah menumpuk, berupa makanan, pakaian bekas layak pakai serta barang lainnya jangan sampai menimbulkan masalah baru.

“Alhamdulillah bantuan dari berbagai pihak kepada korban bencana di Kabupaten Kuningan terus mengalir seperti dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang diserahkan oleh Direktur Keuangan Evi Eviantin, dan dari PT. PP (Pembangunan Perumahan) yang dipimpin langsung oleh Direkturnya Bapak Andi Ghani Nuwawea," paparnya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Perumahan Permukiman Dan Pertanahan (DPRPP) Kabupaten Kuningan rencananya akan membuat rancangan (desain) hunian sementara (huntara) bersama masyarakat khususnya bagi korban bencana alam pergerakan tanah.

Untuk tahap awal akan dilakukan di Dusun Cipari, Desa Margacina, Kecamatan Ciwaru. Atas nama Pemerintah Kabupaten Kuningan Plt Bupati Dede Sembada mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian para donatur dalam meringankan beban masyarakat yang terkena bencana. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)