Dispenda Kab. Kuningan Launching Bulan Panutan Pajak Daerah 2016

Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak, Senin (07/03/2016), Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kab. Kuningan menggelar Launching Bulan Panutan Pajak Daerah Tahun 2016 di Halaman Parkir Kantor setempat. Kegiatan yang ditujukan bagi wajib pajak potensial, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah serta publik figur untuk memberikan contoh dan teladan yang baik kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Kuningan dalam hal membayar pajak.
 

Kegiatan yang dihadiri seluruh kepala SKPD, Camat dan sejumlah kepala desa juga turut dihadiri, Sekda Kuningan, Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si, Ketua DPRD Kuningan, Rana Suparman, S.Sos, Kepala Kantor Pajak Pratama Kuningan, Kepala Bank BJB Kuningan, Kepala Regional IV PT. Pos Indonesia Bandung, Tokoh Masyarakat, pengusaha serta sejumlah undangan lainnya.
 

Kepala Dispenda Kab. Kuningan, DR. H. Dian Rahmat Yanuar, M.Si dalam laporannya mengatakan, sektor pendapatan daerah merupakan pondasi utama pembangunan daerah. Untuk itu pajak daerah masih menjadi andalan pendapatan daerah dalam membiayai berbagai kegiatan pembangunan.
 

Selain meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, menurut Dian, juga diperlukan pembenahan sistem dalam perpajakan, salah satunya melalui pembayaran pajak on-line.
 

“ Untuk mempercepat transaksi dan memudahkan masyarakat dalam membayar pajak, kami akan bekerjasama dengan PT.Pos Indonesia dan Bank BJB untuk memberikan layanan pajak on-line kepada masyarakat,” kata Dian. Lebih lanjut Kepala Dispenda mengemukakan, untuk tahun 2015 target pajak di Kabupaten Kuningan melebihi target atau over target dengan kelebihan capaian hampir 30 persen.
 

Sementara Sekda Kuningan, Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si saat memberikan sambutannya mengatakan, dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak, perlu didukung oleh pengelola pajak yang kompeten dan jujur serta perlu dorongan pemerintah kecamatan dan desa serta yang paling utama adalah kesadaran masyarakat itu sendiri dalam membayar pajak. Untuk itu, menurut Sekda perlu dilakukan sosialisasi yang intens tentang pajak kepada masyarakat.
 

“ Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai wajib pajak, kita perlu memberikan sosialisasi yang intens kepada mereka, kalau perlu kita gandeng seluruh media untuk menyampaikan informasi-informasi yang berkaitan dengan pajak, karena sebagai pemerintah kita tidak bisa  berjalan sendiri,” ungkap Yosep. Selanjutnya H. Yosep berharap, di tahun 2016 target pajak bisa lebih meningkat lagi dari tahun sebelumnya.
 

“ Kalau di tahun 2015 kita over target 30 persen, ya untuk tahun 2016 sekarang ada peningkatan jadi 50 atau 40 persen lah,” pungkas Yosep. Selain Launching Bulan Santun Pajak Daerah, Dalam acara tersebut, juga dilakukan pembagian SPPT PBB P2 kepada seluruh kecamatan. ( Sumber : MC Kuningan/Yudi ).