Indonesian English

Kuningan Peringati Hari Bela Negara

Pemerintah Kabupaten Kuningan menyelenggarakan Peringatan Hari Bela Negara Nasional tahun 2017, peringatan ditandai dengan upacara sederhana di Halaman Setda Kabupaten Kuningan. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH dan dihadiri oleh Kapolres Kuningan AKBP. Yuldi Yusman, Dandim 0615 Letkol Inf. Daru Cahyadi Soeprapto, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si, serta para Kepala SKPD dan para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesa yang berdasar Pancasila dan Undang-undang Dasar ( UUD ) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara sebagai nilai dasar bela negara mencakup cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan mengatakan, pada momentum bela negara ini saya ingin mengajak seluruh rakyat indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Kuningan untuk senantiasa belajar dari sejarah perjuangan bangsa. Sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat. Mereka berjuang mengorbankan jiwa raganya untuk membela tanah airnya dari penjajah. Lebih lanjut Acep juga mengajak untuk melakukan aksi nyata dalam pembelaan negara, di era ketergantungan terhadap teknologi informasi telah membawa kita semua pada cara pendang kita terhadap berbagai kemungkinan ancaman.

Memasuki era milenium ini, sudah barang tentu tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah maupun keselamatan segenap bangsa tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman militer, tetapi sudah bersifat multidimensional dan berada di setiap lini kehidupan.

Diakhir sambutan Acep berpesan kepada seluruh generasi-generasi muda mulenial sebagai penduduk mayoritas Indonesia untuk senantiasa kritis terhadap upaya memecah belah bangsa, merendahkan martabat bangsa dan senantiasa waspada terhadap upaya infiltrasi ideologi dengan cara yang sangat halus dan kekinian yang ingin merubah atau menggantikan pancasila daan ingin memecah belah NKRI. Tutup Acep. ( Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan )