Indonesian English

Pemkab Kuningan Jalin Kerja Sama Bidang Hukum Perdata

Pemerintah Kabupaten Kuningan menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Kuningan dalam bidang hukum perdata dan Tata Usaha Negara. Hal itu dilakukan guna memberikan perlindungan hukum dalam mengambil keputusan kebijakan pemerintahan daerah.

Kerja sama yang selanjutnya akan dituangkan dalam perjanjian kerja sama sesuai dengan kebutuhan program kegiatan masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD), itu ditandai dengan penandatangan naskah kesepahaman kerja sama, pada sela-sela acara Apel Pagi, di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (29/1/2018).

Hadir Sekretaris Daerah, Asisten Daerah, Staf Ahli, Kepala Dinas/Badan se- Kabupaten Kuningan, kepala bagian, para Camat dan peserta apel lainnya termasuk unsur Kejaksaan Negeri Kuningan. Dalam mengambil keputusan kebijakan daerah perlu perlindungan hukum agar setiap keputusan kebijakan pemerintah daerah berjalan baik yang pada gilirannya akan menekan permasalahan peraturan perundang-undangan,” ujar Bupati Kuningan, H. Acep Purnama.

Bupati Acep menerangkan, penyelenggaraan pemerintah berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah, diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsif demokrasi, pemertaan keadilan, dan kekhasan suatu daerah.

Untuk itu dalam mengambil keputusan kebijakan daerah perlu perlindungan hukum baik bidang hukum perdata maupun tata usaha negara. Perlindungan hukum dimaksud terdiri atas penegakan, bantuan pertimbangan dan pelayanan hukum serta tindakan hukum lain khususnya dalam hukum perdata dan tata usaha negara.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan, Adhyaksa Darma Yuliano, mengapresiasi atas kerja sama tersebut. “kerja sama ini bersinergi untuk membangun Kuningan. Dengan kebersamaan ini akan mencapai kemakmuran bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan,” kata Adhyaksa. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)