Indonesian English

Penghargaan Adiwiyata Nasional Bukan Sekadar Simbol

Kategori: 

SMPN 1 Karamatmulya, beberapa waktu lalu meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup RI. Dengan demikian, Kabupaten Kuningan dua tahun berturut meraih penghargaan yang sama, setelah SMA 3 Kuningan meraih penghargaan Adiwiyata Nasional pada tahun 2016.

Penghargaan Adiwiyata Nasional sebagai bentuk apresiasi bagi sekolah-sekolah yang menunjukkan komitmen dan mau bekerja keras untuk bisa memenuhi empat komponen yang ditentukan yaitu kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana prasarana pendukung ramah lingkungan.

“Penghargaan ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya sekolah dengan tata kelola yang baik yang dapat memberikan pembelajaran warga sekolah untuk bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” kata Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Senin (8/1/2018).

Menurutnya, sekolah berwawasan lingkungan sebagai satu komunitas pendidikan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi pengelolaan lingkungan hidup. Diharapkan mengharapkan mampu mendorong sekolah-sekolah lain di Kabupaten Kuningan untuk senantiasa memelihara lingkungan sekolah.

“Penghargaan Adiwiyata Nasional ini tak hanya sebagai simbol, namun harus disertai tanggung jawab semua warga sekolah untuk menciptakan lingkungannya dan berperilaku sesuai kaidah yang cinta lingkungan dan kebersihan,” paparnya. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)