Indonesian English

Penghargaan Untuk Tokoh Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Berprestasi

Kategori: 

Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan, memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh pendidikan serta tenaga kependidikan berprestasi. Penghargaan diserahkan pada Malam Apresiasi Pendidikan di Pendopo Kabupaten Kuningan, Rabu (2/5/2018) malam.

Beberapa tokoh pendidikan yang mendapat penghargaan itu diantaranya dr. Toteng Djauhari, KH. Suhana dan KH. Harun Al-Rosyid. Tanda penghargaan diterima oleh pihak keluarga yang mewakili tokoh pendidikan itu. Mereka mendapat penghargaan karena dinilai banyak peran dan jasa dalam memajukan pembangunan pendidikan di Kabupaten Kuningan.

Dr. Toteng Djuhari dinilai perhatian dan kepedulian dalam bidang pendidikan. Ia pernah menjabat Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Kuningan yang banyak menyumbangkan pemikiran tentang pendidikan yang dikelola masyarakat yang dibiayai oleh pemerintah. Ia pendiri Yayasan Pendidikan Sang Adipati yang menggagas tentang pentingnya berdirinya universitas di Kabupaten Kuningan, menyelenggarakan beasisiwa bagi pelajar dan mahsiswa tidak mampu maupun berprestasi,. Selain itu menyelenggarakan pendidikan keterampilan dan lembaga –lembaga kursus dan membina serta menyelenggarakan kegiatan pendidikan bekerjasama dengan berbagai lembaga atau badan sosial.

Sementara, KH. Suhana, tokoh kelahiran di Desa Sukaimut, Kecamatan Garawangi sebagai tokoh pendidikan Islam Kabupaten Kuningan yang juga pendiri ponpes Husnul Khotimah, Ponpes terpadu Al-Multazam dan yayasan peduli anak yatim. Ia telah memberikan pemikiran mengenai bidang pendidikan selama menjabat di Komisi D, peduli terhadap pendidikan masyarakat terutama bagi keluarga yang tidak mampu.

Begitu pula KH. Harun Al-Rosyid, adik kandung KH. Syarifudin yang silsilahnya bersambung kepada Eyang Hasan Maulani atau yang terkenal dengan julukan Eyang Manado, sebagai tokoh masyarakat yang mengembangkan pendidikan keagamaan sampai akhir hayat. Ia memiliki jiwa sosial, dan memberikan pemikiran yang membangun dalam peningkatan pendidikan dengan menekankan pada akhlaq peserta didik.

Sementara, tenaga kependidikan yang berprestasi di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan yang yang mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan diantaranya Lia M. Rohmalia, S.Pd. PAUD (Guru TK Al-Falah Cijoho), Yeyen Iryani, S.Pd.SD, (Guru SDN 4 Purwawinangun), Wawat Septimawati, S.Pd., (Guru SMPN 1 Jalaksana).

Selanjutnya Mamah Rohmatusadiyah, M.Pd., (Kepala TK AT-Taqwa Silebu), Oyo Suryana, S.Pd. SD., (Kepala SDN Kramatwangi) , H. Supriyadi, M.Pd., (Kepala SMPN 1 Kuningan), Sukiman, S.Pd.M.Si., (Pengawas Disdikbud) dan Yeti Nuryati, M.Pd. Selain itu juara Teladan Tutor PAUD dan juara keteladanan pengelola PAUD, diantaranya Edah Jubaedah, S.Pd peraih juara I Keteladanan Tutor PAUD asal sekolah KB Al-Amin Kec. Nusaherang dan Titi Robeah, S.Pd Juara I Keteladanan Pengelola PAUD dari KB Al-Furqon Bojong, Cilimus.

Salah seorang tokoh pendidikan Kabupaten Kuningan Drs. Hasan Sutardi yang menerima penghargaan dan apresiasi, terharu atas penghargaan yang diberikan pemerintah Kabupaten Kuningan. “Ini merupakan sebuah penghargaan untuk semua yang terlibat memberikan perhatiannya dalam bidang pendidikaan,” kata Hasan Sutardim sembari berpesan bekali anak dengan pendidikan karena ilmu akan menjaganya.

Tampak hadir Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Kepala Kejaksaan, Ketua Komisi IV DPRD, Ketua PGRI serta sejumlah tokoh pendidikan Kabupaten Kuningan. Pada malam tesebut Plt Bupati Kuningan Dede Sembada mengatakan, melalui peringatan Hardiknas kita melakukan Evaluasi dari sampai sejauh mana penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Kuningan memberikan kontribusi yang nyata terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Dede Sembada mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi atas terjalinnya silaturahmi dan sinergisitas antara pemerintah daerah dengan tokoh-tokoh pendidikan. Diharapkan pendidikan di Kabupaten Kuningan dapat berjalan dengan baik.(Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)