Sekda : "ASN Harus Kreatif, Lakukan Sesuatu Yang Bermanfaat Untuk Masyarakat Dan Lingkungan"

KUNINGAN, - Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si berikan arahan pada kegiatan Pembinaan Pejabat Struktural dilingkungan Disporapar Kab. Kuningan, Senin (11/02020) bertempat di Aula Dinas setempat. Kegiatan diawali dengan penyerahan hadiah secara simbolis kepada pemenang "Lomba Video Kreatif #Cicingdiimah" yang telah digelar oleh Disporapar Kabupaten Kuningan beberapa waktu lalu. Lomba ini digelar sebagai salah satu upaya sosialisasi untuk mendukung Pemerintah dalam memutus mata rantai Penyebaran covid-19, salah satu caranya adalah dengan gerakan physical distancing.

Sesuai dengan Keputusan Tim Juri Independen Lomba Video Kreatif #Cicingdiimah, telah memutuskan untuk Juara Pertama dengan judul Lawan Corona, Cicing di imah atas nama pengirim Darji Alok, Juara Kedua dengan judul Kapan Akan Berakhir atas nama pengirim Syarif Sudiyana, dan Juara Ketiga dengan judul Manfaat dirumah saja atas nama pengirim Zahra Komariah. Pemenang lomba diambil urutan 15 Besar dan 15 besar mendapatkan hadiah berupa kuota 100 ribu dari Telkomsel. Dalam sambutannya Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan Dr. H. Toto Toharudin, M. Pd mengatakan "ketika ingin menata destinasi wisata di Kabupaten Kuningan, maka perlu menata terlebih dahulu diri kita. Wisata harus maju, pemudaharus maju, olahraga harus maju, semua dimulai dari diri kita".

Setelah dilantik sebagai Kepala Disporapar Toto langsung melakukan perubahan penataan ditiap ruang-ruang Kantor tersebut dengan menciptakan suasana baru untuk semangat baru. Tidak hanya itu saja akan tetapi, pihaknya juga mencoba membangun sinergitas dengan berbagai pihak untuk memajukan berbagai sektor wisata yang ada. Terlebih di Masa pandemi seperti saat ini, pasca covid sangat penting untuk mengambil langkah-langkah strategis dari berbagai sektor seperti Ekonomi, Wisata dan sebagainya.

Sementara Sekda Kabupaten Kuningan dalam arahannya mengapresiasi penataan di Dinas Porapar. Diharapkan dalam situasi pandemi corona, semua hal baik itu ASN di fokuskan untuk berkontribusi dalam Penanganan covid. Kepada Jajaran Disporapar, Sekda meminta agar dilakukan pendataan terkait yang terpapar covid untuk sektor Wisata. "Wisata merupakan investasi yang paling murah tetapi memiliki efek yang luar biasa"ucap Dian. Sekda berpesan dalam Pembinaan tersebut kepada para ASN agar tetap melakukan pekerjaan dengan baik, tetap produktif dalam melakukan pekerjaan sesuai tupoksi masing-masing.

"Diharapkan yang Ada di Disporapar harus memberikan motivasi kepada para pelaku usaha sekaligus untuk disampaikan agar hotel dijadikan sebagai tempat isolasi terkait covid dengan menerapkan protokol kesehatan covid. Restoran di dorong utk melakukan pelayanan online, dengan mengumpulkan para pelaku usaha di bidang resto. Hal-hal tersebut dalam rangka antisipasi untuk kondisi terpuruk. Yakinkan dan berikan motivasi yang baik" jelas Dian "ASN harus kreatif , lakukan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan.

Terlebih di situasi saat ini, ASN harus tampil terdepan memberikan perhatian dan kepedulian kepada masyarakat. Kemudian di bidang olahraga, bisa membuat program medsos contohnya seperti tiktok atau semacamnya mengenai olahraga di rumah, atau hal-hal lainnya yang bermanfaat. Dan sektor wisata dimana konsep Ekonomi atau Wisata warisan yang mulai ditinggalkan kini beralih ke Ekonomi pariwisata buatan. Kita dapat membuat ide-ide segar dan kreatif untuk mendongkrak pariwisata di Kabupaten Kuningan" pungkasnya mengakhiri arahan. (Bid IKP DISKOMINFO)