Wabup Kukuhkan Posyandu Remaja Desa Ragawacana

Kategori: 

Pentingnya pendidikan Kesehatan reproduksi dan Napza bagi remaja menjadi perhatian bersama. Jumat (6/12/19) Wakil Bupati Kuningan H.M. Ridho Suganda, mengukuhan dan meresmikan Posyandu Remaja, Desa Ragawacana, Kecamatan Kramatmulya. Disaksikan Kepala Desa, Kepala UPT Puskesmas Kramatmulaya, Camat, Kapolsek, Karang Taruna, dan masyarakat setempat.

Kepala UPT Puskesmas Kramatmulya, H. Tedi menuturkan, posyandu remaja adalah pos kesehatan remaja atau sebuah wadah yang memfasilitasi remaja dalam memahami seluk beluk kesehatan remaja, selama masa Puber dan ditujukan kepada siswa dan remaja pada umumnya.

Ia menjelaskan, pembentukan posyandu remaja ini bertujuan memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja dan napza, dan menciptakan wadah generasi muda di masing masing desa. Sebagai wadah pembinaan dan memahami pentingnya gaya hidup dan prilaku hidup sehat.

"Untuk kegiatan yang dilaksanakan meliputi, pelayanan kesehatan dasar penimbangan dan pengukuran tekanan darah, penyuluhan tentang masalah kesehatan reproduksi (Kespro) remaja dan permasahan yang dialami remaja pada umumnya seperti Napaza, seksualitas, HIV/AIDS dan lainnya,"ungkapnya.

Wabup Kuningan menerangkan, sangatlah besar manfaat keberadaan posyandu remaja ini, dalam menghadapi masa puber dengan segala permasalahannya, mulai dari kegiatan bersosialisasi hingga adanya kesadaran untuk menanamkan rasa tanggungjawab dan mengerjakan apa yang menjadi tanggungjawabnya.

"Saya mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Kepala Desa Ragawacana dan UPT Puskesmas Kramatmulya yang telah menggagas pengukuhan Posyandu Remaja. Dan selamat bekerja kepada kader Posyandu Remaja Desa Ragawacana yang telah dikukuhkan,"katanya.

Para Kader Posyandu ini diharapkan Wabup, agar mampu menjadi pengelola yang baik, bisa membawa manfaat untuk pembangunan berwawasan kesehatan dan menjadi generasi muda yang tangguh untuk menjalankan tugas dengan penuh keikhlasan dan pengabdian untuk membangun desa yang maju.

"Dalam perjalanannya, anak muda memiliki semangat yang berkobar namun tak lepas juga bimbingan orang tua. Semoga semangat ini akan menjadi kebersamaan untuk kemajuan bersama,"harapnya.

Untuk itu Wabup menitipkan kepada kepala desa agar anak muda untuk dibantu, dirangkul, diberdayakan karena keberadaan mereka akan membantu untuk kemajuan desa.